Tutup Iklan

Dukung Potensi Ekonomi Lokal, Accor Group Hadirkan Produk UMKM di Hotel

Jaringan Hotel Accor melanjutkan komitmennya untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khususnya di Jawa Tengah.

 Pameran UMKM di Novotel Solo, Senin (5/4/2021).(Farida Trisnaningtyas/Solopos)

SOLOPOS.COM - Pameran UMKM di Novotel Solo, Senin (5/4/2021).(Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Jaringan Hotel Accor melanjutkan komitmennya untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khususnya di Jawa Tengah.

Dalam hal ini, produk-produk UMKM turut dipasarkan dan dipakai di jaringan hotel internasional tersebut. Hal ini diperkuat dengan penandatanganan kontrak kerja antara jaringan Hotel Accor dengan sejumlah UMKM.

SVP Operations and Government Relations Accor Indonesia and Malaysia, Adi Satria, mengatakan pihaknya terus mendukung Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng melalui pengembangan UMKM dalam acara UMKM Fair and Business Fair yang digelar di Novotel Semarang dan Novotel Solo, Senin (5/4/2021).

Baca Juga: Makin Diminati, Jumlah Pengguna KRL Jogja - Solo Melonjak

“Accor secara aktif mendukung pemerintah demi memajukan UMKM lewat gerakan #DiIndonesiaja dan #banggaberwisatadiIndonesia. Dalam hal ini, Jawa Tengah sangat penting bagi Accor Group dengan banyaknya hotel yang ada. Sebagai komitmen kami, Accor Group juga menerbitkan produk Rediscover Indonesia yang tahun ini menyuguhkan keragaman dan keindahan Indonesia,” ujar dia.

Adi menambahkan sejumlah hotel ternama Accor Group bakal buka. Dengan begitu, banyak sekali yang bisa dikerjasamakan dengan UMKM Jateng. Hotel-hotel tersebut bisa diisi dengan berbagai produk UMKM Jateng. Sebagai catatan jumlah UMKM di Jateng ada sebanyak 4 juta.

Baca Juga: Presiden Minta Plafon KUR Tanpa Jaminan Naik Jadi Rp100 Juta, Berapa Suku Bunganya?

Kerja Sama

Di sisi lain, dalam acara ini Accor Group meneken kerja sama dengan berbagai UMKM. Antara lain, Novotel Semarang, Ibis Semarang, dan Novotel Solo menandatangani kerja sama dengan pengelola wisata kopi Gunung Kelir. Selain itu, Novotel Semarang juga kerja sama dengan Kopi Salem (CV Agro Tama Sagara) dan Ibis Semarang menggandeng Koperasi Peternak Unggas Sejahtera Kendal (telur ayam). Sementara Novotel Solo, Ibis Style Solo, dan Royal Heritage Surakarta dengan CV Kembar Abadi Jaya (filet ikan dori).

General Manager Novotel Solo dan Ibis Style Solo, Toat Edi Wijaya, menjelaskan pada UMKM Fair and Business Fair pihaknya melibatkan belasan UMKM dan puluhan produk mereka untuk dipamerkan di Novotel Solo pada 1-5 April 2021.

“Sebenarnya, kami sudah menjalin kerja sama dengan UMKM ini sejak Agustus 2020 lalu dan kian intens pada Januari 2021. Jadi, mereka bisa memamerkan produk-produknya secara gratis di hotel kami khususnya setiap akhir pekan. Jadi, jika tamu mau membeli oleh-oleh tidak perlu keluar hotel dan bisa belanja produk UMKM ini,” papar dia.

Baca Juga: Stimulus Listrik Dari PLN Telah Tersedia, Begini Cara Mendapatkannya

Menurutnya, produk UMKM yang dipamerkan berganti-ganti setiap pekannya supaya kian mengenalkan karya unggulan mereka. Bahkan, diketiga hotel Accor Group di Solo menyuguhkan jajanan dan minuman khas daerah sebagai welcome snack atau pun drink. Misalnya, untuk tamu Royal Heritage disuguhi ampyang, di Novotel Solo diberi Srabi, dan di Ibis Style Solo ada welcome drink beras kencur.

“Bahkan, kami juga telah memanfaatkan produk UMKM seperti telur, ikan, dan menyusul tepung,” imbuh dia.

Salah satu pemilik UMKM jajanan khas Solo, Sri Lestari, mengaku senang dengan adanya kesempatan menjual produk mereka di hotel. Produk andalannya adalah ampyang dan onde-onde. “Kami bersyukur diberi kesempatan pamer produk. Semoga produk UMKM Solo makin dikenal,” ungkap dia.

Baca Juga: Harga Mata Uang Kripto Ethereum Tembus Rp30 Juta, Bakal Terus Naik?

Hal serupa diungkapkan pemilik UMKM kerajinan Suryo Art, Agus Suryono Tomo. Menurutnya, ia dan rekan-rekannya sesama UMK kerajinan terbantu dengan pameran di hotel tersebut.

“Setelah produk saya dan teman-teman masuk hotel, hasilnya lumayan. Penjualan harian ada, pesanan ya ada. Harapannya kami bisa masuk hotel lain. Ini sangat membantu kami, apalagi di masa pandemi,” papar dia.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menambahkan UMKM selain menjual produk harus ada story telling sehingga memiliki cerita untuk dijual. “Accor, thank you. I love you full. Enggak usah bicara yang gede-gede, yang penting konkret,” jelas dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tak Main-Main! Anak Muda Punya Peran Besar Tentukan Arah Presidensi G20

Kesempatan memperkuat perannya dalam Presidensi G20 kian besar karena penduduk Indonesia didominasi usia produktif.

HM Sampoerna Realisasi Investasi Rp2,3 Triliun, Ini Pesan Menko Airlangga

Penerimaan cukai sepanjang tahun 2020 mencapai Rp205,68 triliun dengan proporsi terbesar Cukai Hasil Tembakau sebesar Rp170,24 triliun atau naik sebesar 3,24%.

Kontribusi MMKSI Bagi Perjalanan Hidup Anak Panti Asuhan Saat Pandemi

Mitsubishi Children Program (MCP) adalah salah satu pilar dari tiga pilar CSR MMKSI yang membawahi program sosial MMKSI untuk kesejahteraan anak-anak, khususnya yang berada di panti asuhan.

Lebih Ngirit dan Aman, Ini Lur Sederet Keunggulan Kompor Induksi

Tidak hanya memberi banyak manfaat bagi rumah tangga, penggunaan kompor induksi juga dampak positif kepada pengurangan impor LPG.

Kinerja BPR dan BPRS Tetap Cemerlang Meski Pandemi

Industri BPR dan BPRS semakin selektif dalam penyaluran kredit atau pembiayaan di tengah persepsi tingginya risiko kredit, seiring dampak pandemi Covid-19.

7 Cara Jitu Bertransaksi Digital Biar Gak Kena Serangan Siber

Saat ini masih banyak masyarakat belum memahami bahaya serangan digital terutama di kehidupan finansialnya, padahal mereka tidak tahu kapan akan menjadi target serangan siber.

Beban Multipel Generasi Sandwich Atur Keuangan di Masa Pandemi

Orang tua yang tidak memiliki perencanaan finansial yang baik untuk masa tuanya akan berpotensi besar untuk membuat sang anak menjadi generasi sandwich berikutnya.

Gak Menang Aja Dapat Hadiah, Yakin Tak Mau Ikut Lomba Astra Ini?

Yuk ikuti Lomba Foto Astra 2021 dengan beragam hadiah menarik. Tenang, yang enggak menang juga dapat hadiah kok!

Prospek Cerah Bank Digital di Tengah Gurihnya Pasar Milenial

Bank digital diprediksi bakal berkembang signifikan seiring dengan kemudahan masyarakat dalam mengakses teknologi, sebaliknya jumlah bank konvensional diprediksi akan semakin sedikit.

Rp262,95 Triliun KUR Tersalurkan ke 6.962.882 UMKM

Realisasi KUR yang telah diberikan kepada 6.962.882 debitur ialah KUR Super Mikro sebesar Rp9,71 triliun kepada 1.104.567 debitur, KUR Mikro sebesar Rp165,86 triliun kepada 5.410.536 debitur.

Harga Minyak Goreng Melejit, BKPN Minta Pemerintah Beri Insentif

Harga minyak goreng yang beredar saat ini jauh melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Laksanakan Putusan MK, Menko Airlangga Jelaskan Implementasi UU Ciptaker

Dibentuk 4 KEK baru yang telah berjalan dengan komitmen investasi lebih kurang Rp90 trilun dan saat ini terdapat berbagai komitmen investasi baru.

Melemah di Sesi Awal, IHSG Ditutup Menguat 46,74 Poin Awal Pekan Ini

IHSG dibuka melemah bergerak fluktuatif pada sesi pertama perdagangan saham, lalu pada sesi kedua, IHSG masih terus berada di teritori positif hingga penutupan bursa saham.

Nggak Ribet, Begini Cara Top Up Saldo Gopay Kamu

Gopay bisa digunakan untuk melakukan transaksi semua layanan Gojek dan ratusan rekan usaha, hingga mengirim atau menerima uang.

Rencana Kenaikan TDL Tahun Depan Diprotes, Dinilai Terburu-Buru

Kenaikan TDL yang tiba-tiba akan menyebabkan keterlambatan upaya antisipasi untuk menanggulangi dampak dari kebijakan tersebut.

Sasar Pelajar dan Mahasiswa, AXIS Dukung Vaksinasi Covid-19 di Sumbar

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan komitmennya mendukung upaya pemerintah melawan pandemi Covid-19 di Indonesia melalui program vaksinasi bagi kalangan anak muda, pelajar dan mahasiswa.