Dukung Operasional Satgas Covid-19, Baznas Klaten Serahkan Bantuan

Baznas menyerahkan perlengkapan pendukung operasional Satgas Covid-19 di Kabupaten Klaten dalaman menangani pandemi Covid-19.

 Penyerahan bantuan operasional Satgas Covid-19 dari Baznas disaksikan Bupati Klaten Sri Mulyani, Selasa (3/8/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Penyerahan bantuan operasional Satgas Covid-19 dari Baznas disaksikan Bupati Klaten Sri Mulyani, Selasa (3/8/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyerahkan perlengkapan pendukung operasional Satgas Covid-19 di Kabupaten Klaten. Bantuan ini merupakan bentuk gotong royong masyarakat.

Bantuan yang disalurkan melalui Baznas tersebut berupa baju hazmat 1.150, sarung tangan 14 boks, 10 kasur busa, 5 feelbad. Juga bantuan sembako 2.200 paket dan makanan untuk relawan 1.500 dus.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan hal itu dalam sambutan acara, Penyerahan Bantuan Baznas Klaten dalam rangka penanggulangan Covid-19, Selasa (3/8/2021) di Pendopo Pemkab. Hadir juga dalam acara ini, Sekda, Asisten Pemerintahan, Pengurus Baznas Klaten, dan Kepala OPD terkait.

“Bantuan ini sangat bermanfaat dan kami butuhkan. APBD kami cukup tapi kita butuh gotong royong. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama memerangi virus corona dan meringankan beban masyarakat Klaten,” terang Bupati.

Baca juga: Ada Puluhan Anak di Klaten Jadi Yatim Piatu Gegara Covid-19

Bupati menegaskan, masyarakat yang terkonfirmasi positif, diharapkan berkenan untuk dipindah ke fasilitas isolasi terpusat. Karena pemerintah hadir memberikan bantuan, sekaligus sebagai upaya untuk memisahkan antara yang sakit dengan yang sehat.

Hal ini, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu Bupati minta 595 orang yang sedang menjalani isolasi terpusat diberbagai tempat, diberikan bantuan sembako dari Baznas tersebut.

“Bantuan sembako Baznas Klaten agar dibagi melalui kecamatan. Agar masyarakat yang saat ini masih isolasi di rumah tergerak hatinya. Ternyata pemerintah hadir memberikan bantuan. Sehingga mereka ada semangat untuk melakukan isolasi terpusat,” kata Bupati Sri Mulyani.

Baca juga: Duh! Balai Desa Doyong Sragen Dibobol Maling, Seperangkat Komputer Raib

Dana Refocusing Baznas Klaten

Tugas utama saat ini adalah membawa orang yang isolasi mandiri di rumah ke isolasi terpusat. Tujuannya, lanjut Bupati, memisahkan antara yang sehat dengan yang tidak sehat. Karena kalau yang sehat dengan yang tidak sehat dicampur, mata rantai penularan Covid-19 tidak bisa terputus.

Sementara itu Ketua Baznas Klaten Wibowo Muktiharjo mengungkapkan, bantuan yang diserahkan merupakan hasil refocusing. Semula untuk kegiatan distribusi kesehatan dan santunan, atas saran dan petunjuk Bupati dialihkan untuk membantu operasional Satgas Covid 19 Klaten.

“Atas dasar saran dan petunjuk Ibu Bupati, bahwa yang diperlukan ini adalah dukungan untuk operasional satgas. Oleh karena kami refocusing semua rencana distribusi di bidang kesehatan dan santunan, sebesar Rp484 juta. Kita gunakan untuk mendukung Satgas Covid-19,” jelas Ketua Baznas Klaten.

Baca juga: 70.000 Pelajar Kota Solo Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Wibowo mengungkapkan, bantuan yang diberikan kepada Satgas Covid-19 ini merupakan zakat dan infak dari ASN Pemkab Klaten. Serta dari RSI dan Yayasan Jamaah Haji Klaten. Diperkirakan, untuk tahun 2021 ini akan terkumpul dana Rp4,5 miliar.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN di Pemkab Klaten yang dengan sukarela membayarkan kewajiban zakatnya melalui Baznas Klaten,” ujar Wibowo Muktiharjo.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Walah, Petugas Pelayanan E-KTP Door to Door Klaten sampai Naik Atap demi Sinyal Internet

Petugas pelayanan e-KTP secara door to door di Klaten kerap mendapat pengalaman unik, salah satunya harus naik atap demi dapat sinyal Internet.

Setelah Semanggi, Giliran Rumah Warga Eks HP 10 Tipes Solo Siap-Siap Dibongkar

Rumah warga di lahan eks HP 10 di Kelurahan Tipes, Kecamatan Serengan, Solo, bakal dibongkar untuk program Kotaku.

Gibran soal Gaji Wali Kota Solo: Bukannya Tidak Diambil, Tapi...

Gibran Rakabuming Raka mengakui gaji sebagai Wali Kota Solo memang tidak besar dan ia tetap mengambilnya untuk sejumlah keperluan.

Digitalisasi dan Inovasi Jadikan Bisnis Makin Sehat, Makin Cepat, Makin Dekat

Berkat digitalisasi di masa pandemi sejumlah pelaku usaha mengaku bisnis mereka makin sehat, makin cepat, makin dekat.

Tertabrak Truk di Jalan Solo-Sragen, Pasutri Meninggal, Anak Patah Tulang

Pasutri yang memboncengkan seorang anak laki-laki meninggal dunia akibat tertabrak truk di jalan Solo-Sragen wilayah Masaran, Sragen.

Jemput Rezeki, 6 Dalang Boyolali Ngamen Bareng dari Rumah ke Rumah Warga

Sejumlah dalang dari Boyolali ngamen dari rumah ke rumah warga yang mau nanggap demi menjemput rezeki dan mengobati kerinduan penggemar.

Pemkot Solo Fasilitasi Pengajuan QR Code PeduliLindungi, Begini Prosedurnya

Pemkot Solo membantu memfasilitasi kalangan pelaku usaha dan kantor instansi yang ingin mendapatkan QR Code PeduliLindungi.

Berbulan-Bulan Tutup, Pengelola Objek Wisata Air Klaten Kewalahan Biayai Perawatan

Pengelola objek wisata air di Kabupaten Klaten khawatir tak lagi bisa menanggung biaya perawatan jika tak segera menerima pengunjung.

Pemkab Sragen Beli Lahan Rp9 Miliar untuk Bangun Kantor, Legislator Soroti Urgensinya

Pemkab Sragen membeli lahan seharga Rp9 miliar untuk membangun gedung perkantoran baru pada 2022 mendatang.

Banyak Pemohon BPUM di Wonogiri yang Tak Lolos, Ternyata Ini Penyebabnya

Banyak pemohon BPUM di Kabupaten Wonogiri yang tak lolos karena adminitrasi yang disetorkan tidak sesuai dengan ketentuan.

RSUD Ngipang Solo Bakal Dibangun 6 Lantai, Apa Saja Fasilitasnya?

Pemkot Solo berencana mengembangkan RSUD Ngipang dengan membangun gedung setinggi enam lantai di lahan belakang rumah sakit.

Pelaku Perusakan SDN di Wonosamodro Boyolali Belum Terungkap, Ini Penjelasan Polisi

Pelaku kasus perusakan bangunan SDN 2 Gunungsari, Wonosamodro, Boyolali, belum terungkap setelah penyelidikan sekitar tiga pekan.

Ngeri! Penambang Pasir Sragen Kerap Temukan Tengkorak Manusia di Bengawan Solo

Sejumlah penambang pasir di Kedungupit, Sragen, kerap menemukan tengkorak manusia saat melakukan aktivitas penambangan.

Waduuuh! Ratusan Pemohon BPUM di Wonogiri Terindikasi Usahanya Abal-Abal

Ratusan pemohon program bantuan untuk pelaku usaha mikro (BPUM) 2021 di Kabupaten Wonogiri terindikasi usahanya abal-abal.

Ketua Tikus Pithi Ingin Rombak Sistem Pendidikan dengan Penjurusan Anak Sejak Dini

Ketua Tikus Pithi Hanata Baris, Tuntas Subagyo, menilai sistem pendidikan nasional perlu dirombak denga mengakomodasi penjurusan sejak dini.