SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Google membangun kabel bawah laut dari Singapura menuju Sydney untuk mendukung komputasi awan di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Google terus berupaya untuk memperkenalkan layanan komputasi awan ke berbagai sektor bisnis di Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan Google adalah menyelenggarakan Google Cloud Summit pertama di Jakarta.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Dijelaskan oleh Rick Harshman selaku Managing Director Google Cloud Asia Pasific, penyelenggaraan Google Cloud Summit tidak terlepas dari antusiasme yang besar pelaku bisnis Indonesia soal layanan cloud.

“Kami melihat tingginya minat pelaku bisnis di Indonesia untuk menggunakan cloud. Dari data kami, Indonesia termasuk empat besar negara dengan ketertarikan yang tinggi terhadap cloud,” ujarnya di Jakarta, Selasa (28/11/2017), dikutip Solopos.com dari Suara.com.

Banyaknya minat dari pelaku bisnis membuat Google terus meningkatkan pemahaman komputasi awan ke kalangan usaha kecil dan menengah. Beberapa hal yang dilakukan antara lain mengunggah materi cloud berbahasa Indonesia di YouTube.

Selain itu mereka tengah menyiapkan instruktur dan beberapa program pelatihan cloud khusus untuk pelaku bisnis. Harapannya, mereka dapat mengaplikasikan layanan cloud untuk mengembangkan bisnis.

“Selain itu, kami berharap perusahaan dan publik Indonesia bisa mengadaptasi pengetahuan soal cloud secepat mungkin,” lanjutnya.

Selain pelatihan, Google tengah membangun kabel bawah laut sepanjang 9.000 km yang menghubungkan Singapura hingga Sydney. Proyek yang dibangun dengan model konsorsium ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan internet di wilayah tersebut.

Sementara itu, Jay Jenkins sebagai Head of Customer Engineering Southeast Asia Google Cloud menjelaskan bahwa penggunaan komputasi awan dapat membuat proses bisnis lebih efisien sehingga dapat meminimalisir pengeluaran.

“Cloud dapat bermanfaat untuk kegiatan operasional perusahaan. Dengan cloud, suatu perusahaan tidak perlu sumber daya besar,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya