Dukung Inovasi Energi, Pertamina Latih Peternak Boyolali Pakai Biogas

Sebagai upaya menghadirkan energi bersih dan ramah lingkungan, Pertamina terus mendorong inovasi energi baru terbarukan.

 
Dalam Program Desa Energi Berdikari Pertamina melatih Kelompok Tani Ternak JSN Cengkir Gading di Dukuh Padokan, Sawahan, Ngemplak, Boyolali pada Selasa (9/8/2022).

(Istimewa)

SOLOPOS.COM - Dalam Program Desa Energi Berdikari Pertamina melatih Kelompok Tani Ternak JSN Cengkir Gading di Dukuh Padokan, Sawahan, Ngemplak, Boyolali pada Selasa (9/8/2022). (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI – Sebagai upaya menghadirkan energi bersih dan ramah lingkungan, Pertamina terus mendorong inovasi energi baru terbarukan.

Hal itu terwujud tidak hanya pada proses bisnis utama, namun juga pada program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), salah satunya pada program Desa Energi Berdikari dengan melatih Kelompok Tani Ternak JSN Cengkir Gading yang berada di Dukuh Padokan, Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali pada Selasa (9/8/2022).

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Area Manager Communication, Relations, & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan program tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitar lokasi operasi Pertamina, khususnya Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Adi Sumarmo yang berada di Kabupaten Boyolali.

“Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kami ingin menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat yang ada di sekitar lokasi operasi kami sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupan dan ekonominya, salah satunya kepada kelompok tani ternak yang kami bina melalui program CSR,” ungkapnya.

Brasto menjelaskan Pertamina bersama kelompok ternak sapi tersebut telah mengembangkan inovasi energi baru terbarukan dengan memanfaatkan kotoran sapi sebagai biogas untuk bahan bakar memasak.

Baca Juga: Ketahanan Stok Pertalite di Level 18 Hari, Pertamina Sebut Masih Aman

Sebagai upaya menghadirkan energi bersih dan ramah lingkungan, Pertamina terus mendorong inovasi energi baru terbarukan.
Sebagai upaya menghadirkan energi bersih dan ramah lingkungan, Pertamina terus mendorong inovasi energi baru terbarukan.

“Sebelumnya bahan bakar biogas hanya mereka operasikan di lokasi ternak saja, namun saat ini kami memberikan pelatihan bagaimana biogas yang dihasilkan dapat dimasukkan kedalam suatu wadah agar bisa digunakan di rumah masing-masing untuk memasak, yaitu dengan memanfaatkan bekas ban mobil truk yang tidak terpakai,” tandasnya.

Selain memberikan dampak perbaikan kualitas lingkungan, menurut Brasto, pemanfaatan bahan bakar biogas tersebut juga mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Selain bahan bakar yang lebih ramah lingkungan juga menciptakan penghematan biaya kebutuhan rumah tangga yang semula dibutuhkan untuk membeli bahan bakar untuk memasak,” ujarnya.

Brasto menambahkan upaya yang dijalankan dalam program ini untuk menghadirkan energi bersih dan peningkatan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan merupakan wujud dari penerapan komitmen ESG (Environment, Social, Governance) yang dijalankan Pertamina.

“Selain itu program ini juga ikut berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan [TPB] atau Sustainable Development Goals [SDGs], utamanya pada poin 7 (Energi Bersih dan Terjangkau], poin 8 [Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi], poin 9 [Industri, Inovasi, dan Infrastruktur], poin 11 [Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan], poin 12 [Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab], dan poin 13[Penanganan Perubahan Iklim],” ujarnya.

Baca Juga: Apakah Boleh Menjual Bensin Eceran? Cek Aturannya

Sementara itu,  Ketua Kelompok Tani JSN Cengkir Gading, Suranto, menjelaskan dalam kurun waktu satu terakhir kelompoknya mampu memperoleh penghematan dari penggunaan biogas untuk kebutuhan operasional peternakan setidaknya Rp144.000 setiap bulan.

“Ke depan setidaknya 42 anggota kelompok kami akan mulai memanfaatkan biogas ini untuk kebutuhan di rumah tangga kami masing-masing,” jelasnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pertamina dalam mengembangkan inovasi biogas di peternakannya.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Pertamina atas pelatihan dan bantuan yang kami terima, dengan ini kami dapat menerima tambahan pendapatan melalui penghematan bahan bakar, tidak hanya untuk operasional peternakan tapi juga untuk rumah tangga kami masing-masing,” tutur Suranto.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Apindo: UMKM Sektor Produktif Prioritas Dapat KUR agar Perbankan Terlindungi

      Risiko penyaluran kredit perbankan kepada sektor produktif lebih dapat diukur dibandingkan sektor lain.

      IMF: Ekonomi Global 2023 Gelap Gulita

      IMF memprediksi ekonomi global pada 2023 akan gelap gulita lantaran menghadapi risiko resesi dan ketidakstabilan pasar keuangan.

      Akses Air Minum Aman di Solo Masih Jadi PR Pemkot

      Sesuai standar baku mutu kesehatan lingkungan media air untuk keperluan masyarakat harus memenuhi beberapa parameter.

      PT Pertamina Buka 20 Lowongan Kerja, Begini Syarat dan Ketentuannya

      lowongan pekerjaan PT Pertamina dibuka sejak 5 Oktober hingga 11 Oktober 2022.

      Harga Emas Antam dan UBS Kompak Turun di Pegadaian, Jumat 7 Oktober 2022

      harga emas Antam dan UBS kompak turun di Pegadaian pada Jumat (7/10/2022).

      Wings Group Tanggapi Penarikan Mie Sedaap dari Pasar Singapura

      Otoritas Singapura menarik dua varian produk Mie Sedaap bikinan Wings Food setelah ditemukan adanya kandungan pestisida, yaitu varian Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken. 

      Long Weekend Tiba! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Jangan Lewatkan! BSN Gelar Pameran Produk Unggulan di Solo Square Mall

      Badan Standarisasi Nasional (BSN) kembali menggelar Indonesia Quality Expo (IQE), yang tahun ini bertempat di Solo, Kamis (6/10/2022).

      Akhir Tahun Jadi Puncak MICE, Okupansi Hotel di Solo Diharap Ikut Terkerek

      Tiga bulan menuju akhir tahun, Oktober - Desember, menjadi momen penyelenggaraan meeting, incentive, convention, exhibition (MICE).   

      Perlu Tahu, Ini Kemudahan yang Didapat saat Pakai QRIS Antarnegara

       Layanan QR Code Indonesian Strandard (QRIS) yang menghubungkan pembayaran antarnegara (Cross-border QR) dinilai mampu memberikan kemudahan pembayaran bagi beberapa sektor.

      Jadi Incaran Para Pencari Kerja, Segini Gambaran Gaji Pegawai PT Pertamina

      Sebagai salah satu badan usaha milik negara (BUMN), Pertamina disebut memberikan gaji bernilai fantastis kepada para pegawainya.

      Informasi Rekrutmen Pertamina 2022, Para Pencari Kerja Merapat!

      Salah satu Badan Usana Milik Negara (BUMN), PT Pertamina melakukan rekrutmen atau membuka lowongan kerja pada Oktober 2022 ini.

      Imigrasi Siapkan Petunjuk Teknis terkait Paspor 10 Tahun

      Imigrasi sedang mempersiapkan petunjuk teknis dan infrastruktur kesisteman untuk mengimplementasikan aturan perubahan masa berlaku paspor menjadi 10 tahun tersebut.

      PLTA Kayan Cascade Jadi PLTA Terbesar di Asia Tenggara, Airlangga: EBT Prioritas

      PLTA Kayan Cascade diproyeksikan menjadi PLTA terbesar di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar US$17,8 miliar.

      Peran Strategis Kebijakan Satu Peta dalam Percepatan Pembangunan Nasional

      Menko Airlangga juga mengapresiasi penyelenggaraan rangkaian Rakernas Kebijakan Satu Peta yang juga melibatkan para mahasiswa.