SOLOPOS.COM - Petugas sedang menyuntikan vaksin kepada seorang warga peserta vaksinasi di DPC PDIP Grobogan, Sabtu (18/9/2021). (Solopos.com/Arif Fajar S)

Solopos.com, PURWODADI – Percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity yang dilakukan pemerintah mendapat dukungan semua pihak, salah satunya DPC PDI Perjuangan Kabupaten Grobogan yang menggelar vaksinasi, Sabtu (18/9/2021).

Kegiatan yang digagas DPC PDIP Grobogan dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan menyasar 1.000 warga. Di mana peserta vaksinasi di Kantor DPC PDIP Grobogan merupakan pengurus, kades partai dan masyarakat umum.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Masyarakat sudah berdatangan ke lokasi kendati kegiatan vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB. Mereka rela antre untuk registrasi dan verifikasi data. Kemudian skrining dengan pengecekan suhu badan dan tekanan darah oleh petugas.

Baca juga: Mesin ATM Bank Jateng di Kota Semarang Dibobol, Rp849 juta Raib

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah memenuhi syarat, peserta langsung mendapat suntikan vaksin oleh tenaga kesehatan. Peserta diminta menunggu 15 menit untuk observasi jika ada keluhan setelah vaksinasi di DPC PDIP. Apabila tidak ada gejala, peserta baru diizinkan untuk pulang.

Pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Yakni, memakai masker medis, melakukan pengecekan suhu di pintu masuk area vaksinasi. Mencuci tangan, menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan.

Ketua DPC PDIP Grobogan Sri Sumarni menjelaskan, vaksinasi yang dilaksanakan merupakan upaya membantu tercapainya target vaksinasi oleh pemerintah. Selain itu untuk mendukung terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity.

Baca juga: Pemkab Grobogan Fasilitasi Swab Antigen Peserta Tes CPNS

Sudah Vaksin Tetap Prokes

“Vaksinasi salah satu upaya dalam menanggulangi Covid-19 selain protokol kesehatan. Oleh karena itu, kendati sudah disuntik vaksin, tetap harus menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari,” jelas Bupati.

Warga yang sudah mendapatkan suntikan vaksinasi pertama mengaku senang sudah difasilitasi DPC PDIP Grobogan mendapatkan vaksin. “Sudah lama ingin vaksin, namun belum bisa karena pendaftaran tutup. Kebetulan hari ini bisa ikut vaksinasi untuk kesehatan di saat pandemi,” ujar Ridwan, salah satu peserta vaksinasi.

Ketua Fraksi PDIP di DPRD Grobogan, Heru Santosa yang juga panitia vaksinasi di DPC PDIP mengatakan vaksinasi dosis pertama dilaksanakan Sabtu (18/9). Kemudian untuk pelaksanaan vaksinasi dosis kedua, rencana akan dilaksanakan pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya