SOLOPOS.COM - Yohanes Seto Cahyono (paling kiri), mahasiswa ISI Solo yang juga pemain Esports profesional. (Istimewa)

Solopos.com SOLO — Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) Kota Solo mendukung bergulirnya kompetisi Diplomat Esport Solo Arena 2021 pada 7-11 April 2021. Agenda itu diharapkan menambah jam terbang para gamers hingga menjadi atlet profesional.

Ketua PB ESI Kota Solo, Prima Prasetyo, mengungkapkan masih banyak pekerjaan rumah (PR) terutama mengenalkan e-sport ke masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Secara resmi, e-sport baru diakui sebagai cabang olahraga berprestasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada 2020.

Sosialisasi e-sport perlu digencarkan untuk mengubah pandangan negatif pada cabang olahraga tersebut. Masih banyak anggapan e-sport sekadar membuang-buang waktu dan tidak prospektif untuk masa depan.

Baca Juga: Erick Thohir Incar Persis Solo Sejak 2019, 2021 Dapat 20% Saham

"Padahal banyak dari e-sport yang akhirnya membuat gamers bisa berprestasi dan berpenghasilan yang cukup," kata Prima saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (20/3/2021).

Guna mendukung sosialisasi itu, PB ESI bakal menambah kompetisi e-sport di Solo agar bakat gamers dari Solo kian terasah dan bisa bersaing melalui kompetisi yang sehat. Selama ini, kompetisi e-sport di Kota Bengawan masih sangat kurang.

"Sejauh ini saya lihat dari Solo banyak gamers yang cukup mumpuni ikut turnamen-turnamen esport. Kami bertekad bisa menambah kompetisi esport di Solo baik dari PB ESI maupun lainnya agar anak-anak [penggemar gim] memiliki wahana kompetisi yang sehat," jelas dia.

Lantaran hal itu, Prima mendukung bergulirnya ajang Diplomat Esport Solo Arena 2021. Selain membantu menyosialisasikan e-sport ke masyarakat, ajang itu menjadi bagian pembinaan para gamers, terutama dari Solo, menambah jam terbang, hingga mengasah bakat mereka menjadi atlet profesional.

Pergelaran

Diplomat Esport Solo Arena 2021 bakal digelar pada 7-11 April 2021 mendatang. Kualifikasi secara online digelar pada 7-9 April 2021, sementara semifinal dan final digelar di Hartonol Mall, Solo Baru pada 11 April 2021.

Baca Juga: Ini Sederet Bisnis Kevin Nugroho Pemilik 30% Saham Persis Solo

Ajang tersebut mempertandingkan dua jenis gim yakni Mobile Legends dan PUBG. Ajang itu ditargetkan bisa menjaring 192 tim Mobile Legends dan 192 tim PUBG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya