Dukun Palsu di Sragen Mengaku Terinspirasi Pengalamannya Tertipu

Pelaku penipuan berkedok dukun palsu yang bisa menggandakan uang di Sragen mengaku pernah jadi korban penipuan yang sama di perantauan. Pengalamannya menginspirasi tersangka melakukan hal yang sama pada orang lain.

 Kapolsek Sidoharjo, AKP Harno, menunjukkan barang bukti berupa paket jaket, karung, yang digunakan untuk ritual penggandaan uang saat jumpa pers di Mapolres Sragen, Kamis (28/7/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Kapolsek Sidoharjo, AKP Harno, menunjukkan barang bukti berupa paket jaket, karung, yang digunakan untuk ritual penggandaan uang saat jumpa pers di Mapolres Sragen, Kamis (28/7/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Dukun palsu asal Sragen, Kasimin Widodo, 49, akhirnya dibekuk polisi setelah beraksi di sejumlah lokasi. Kerugian yang ditanggung para korbannya mencapai Rp20-an juta.

Pria asal asal Desa Plosokerep, Kecamatan Karangmalang, itu mengaku terinspirasi menjadi dukun palsu setelah dirinya juga jadi korban penipuan.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Saya melakukan penipuan dengan modus seperti itu karena saya pernah tertipu di perantauan. Saya rugi banyak sampai Rp10 juta,” ujarnya dalam jumpa pers yang digelar di Mapolres Sragen, Kamis (28/7/2022).

Kasimin lantas mempelajari modus penipuan yang menimpanya. Lalu ia menerapkannya untuk menipu orang lain. “Saat itu saya tertipu Rp10 juta dan dijanjikan miliaran rupiah. Kasus di Sidoharjo itu sebenarnya mau saya kembalikan. Belum sempat saya kembalikan malah tertangkap polisi,” kilahnya.

Baca Juga: Janji Gandakan Rp8 Juta Jadi Rp450 Juta, Dukun Palsu Sragen Dibekuk

Seperti diberitakan, kasus dukun palsu itu diungkapkan Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama, melalui Kapolsek Sidoharjo, AKP Harno,  Kamis (28/7/2022). Dalam jumpa pers di Mapolres Sragen, Harno menyebut tersangka diketahui bernama Kasimin Widodo, 49, warga Dukuh Pungkruk, Desa Plosokerep.

Harno mengungkapkan tersangka ternyata telah beraksi di lima lokasi, yakni di Sidoharjo satu kasus, Sambungmacan satu kasus, Karangmalang dua kasus, dan Karanganyar satu kasus.

Saat beraksi di Karangmalang, Kasimin mengaku bisa menggandakan Rp4 juta menjadi Rp200 juta, kasus kedua di Karangmalang dari Rp5 juta jadi Rp200 juta. Sementara di Sambungmacan Rp3 juta jadi Rp300 juta, di Karanganyar dari Rp9 juta jadi Rp450 juta.

“Saya sengaja menipu untuk membayar utang,” ujar Kasimin.

Baca Juga: Awas!, Muncul Aplikasi MyPertamina Palsu, Kenali Ciri-Cirinya

Kapolsek Harno menjelaskan peristiwa penipuan terkini yang dilakukan tersangka terjadi di Dukuh Cabean, Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo. Korbannya adalah Warsini yang kali pertama bertemu tersangka bersama seorang lainnya pada Selasa (5/7/2022). Pertemuan itu berlangsung di rumah korban.

Modus Bantu Lunasi Utang

Tersangka mengaku bisa membantu melunasi utang korban, namun dengan syarat. Syarat tersebut yakni jika usahanya berhasil maka korban harus membeli dua kambing senilai Rp8 juta untuk syukuran.

“Kemudian pada Jumat (8/7/2022) habis Magrib, tersangka datang ke rumah korban untuk melakukan ritual. Uang Rp8 juta itu dimasukkan ke dalam kardus. Ritual itu dilakukan di dalam kamar antara tersangka dengab suami korban,” ujar Harno menjelaskan.

Baca Juga: Keberhasilan Polres Sragen Selesaikan Kasus 67,7 Persen, Ini Detailnya

Kemudian korban diminta keluar mengambil tanah. Saat itulah uang diambil dan dimasukkan ke jaketnya. Kemudian tersangka minta supaya kardus dibuka dengan menunggu 12 malam. Saat itu, kata tersangka, di kardus itu akan berisi uang Rp450 juta.

Setelah 12 malam terlewati, korban membuka kardus itu ternyata tidak ada uang Rp8 juta yang ia masukkan, apalagi uang yang dijanjikan Rp450 juta. Korban merasa tertipu.

Warsini lantas melapor ke Polsek Sidoharjo. Polisi lantas menuangkap tersangka. Dari tangan Kasimin ditemukan barang bukti berupa kain hijau, karung plastik putih, kembang mawar merah dan putih, rokok cerutu, kardus, lakban, dan jaket hitam.

“Tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP dengan ancaman empat tahun,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Daftar Kekosongan Jabatan Perangkat Desa di Eks Kawedanan Kota Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Kota Klaten.

    Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Gondang Winangun Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Gondang Winangun, Klaten.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perangkat Desa di Eks Kawedanan Pedan Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Pedan, Klaten.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Jatinom Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Jatinom, Klaten.

    Rumah dan Kandang di Tanon Sragen Terbakar, 1 Ekor Sapi Terpanggang

    Rumah dan kandang ternak milik warga Dukuh Dayan, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah terbakar pada Minggu (7/8/2022).

    Meriah! Ratusan Orang Kunjungi Bedoro Festival Fair Sambungmacan Sragen

    Ratusan orang menghadiri Bedoro Festival Fair yang diselenggarakan di Lapangan Tunjungsemi, Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, pada Minggu (7/8/2022).

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Delanggu Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Delanggu, Klaten.

    Malam Puncak Grand Final Putra Putri Solo 2022, Meriah tapi Khidmat

    Malam puncak grand final pemilihan Putra Putri Solo 2022 di Balai Kota Solo berlangsung meriah dihadiri Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire.

    Kisah Sukses Penjual Kesemek Selo Boyolali, Tembus Pasar Singapura

    Kisah sukses ini berasal dari Rina dan keluarganya di Desa/Kecamatan Selo, Boyolali yang kesehariannya berjualan buah kesemek.

    Alasan DLH Solo Usulkan CFD Tanpa Pedagang, Hanya Masalah Sampah?

    Persoalan rendahnya kesadaran pedagang dan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu alasan DLH Solo usulkan CFD tanpa pedagang.

    Bakal Ditutup Total 3 Bulan, Begini Pengaturan Lalin Simpang Joglo Solo

    Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas saat simpang Joglo, Banjarsari, Solo, ditutup total selama tiga bulan.

    Jadi Ikon Desa! 14 Kelompok Ikuti Festival Gejog Lesung Barepan Klaten

    Sebanyak 14 kelompok mengikuti Festival Gejog Lesung yang digelar di Pendapa Alun-alun Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten, Minggu (7/8/2022) siang.

    Wah, Pelopor Karawitan Jangglengan Sukoharjo Ternyata Penjual Bakso

    Munculnya kelompok karawitan di Desa Jangglengan, Nguter, Sukoharjo, dipelopori oleh seorang warga yang pernah merantau di Bandung sebagai penjual bakso.

    Simpang Joglo Solo Ditutup 3 Bulan untuk Rel Layang, Catat Jadwalnya!

    BTP Jabagteng telah menyiapkan linimasa pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, yang salah satunya berdampak penutupan total simpang tujuh itu selama tiga bulan.

    Pengumuman! Ndarboy Genk Manggung di Stadion Trikoyo Klaten Malam Ini

    Ruas Jl. Pemuda Klaten bakal diberlakukan dua arah, Minggu (7/8/2022) pukul 18.00 WIB-24.00 WIB.