Tutup Iklan

Duka Rossi-Lorenzo, Marc Marquez Pesta Juara Motogp 2016

Duka Rossi-Lorenzo, Marc Marquez Pesta Juara Motogp 2016

SOLOPOS.COM - Marc Marquez memastikan gelar juara dunia Motogp 2016 setelah memenangi GP Motegi, Jepang, Minggu (16/10/2016). (Istimewa/@motogp)

Marc Marquez juara Motogp 2016 dengan penampilan sempurna sepanjang balapan di Motegi. Sedangkan Rossi-Lorenzo menyerah.

Solopos.com, MOTEGI — Pembalap Repsol Honda Marc Marquez benar-benar memenuhi targetnya di Sirkuit Motegi, Jepan, Minggu (16/10/2016), mengunci gelar juara Motogp 2016. Sukses itu diiringi penampilan apiknya sejak lap pertama hingga lap terakhir dengan terus berada di posisi terdepan dan tumbangnya dua rival utamanya, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Marquez melesat di urutan terdepan setelah start meski sempat disalip oleh pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo. Namun tak butuh waktu lama, masih di lap yang sama, Marquez kembali merebut posisi pertama dan mempertahankan dominasinya hingga lap terakhir. Dia nyaris tak tersentuh lagi dan menjauhkan gapnya dengan Lorenzo.

Valentino Rossi menjadi satu-satunya ancaman bagi Marquez di Motegi. Sempat berupaya mengejar Marquez, pembalap Movistar Yamaha itu terjatuh di sebuah tikungan pada lap ke-7 dan tak bisa kembali ke balapan. Baca juga: Lorenzo Jatuh, Marquez Kunci Juara.

Padahal, saat itu Rossi baru saja menyalip rival setimnya, Jorge Lorenzo, yang membuatnya berada di posisi kedua menguntit Marquez di posisi terdepan. Rossi sukses menyalip Lorenzo pada lap ke-6 setelah terus menempel Lorenzo sejak lap ke-4.

Rossi sebenarnya mengawali balapan dengan cukup baik dan bersaing dengan Marquez dan Lorenzo di depannya. Sayangnya, di lap berikutnya setelah menyalip Lorenzo, Rossi kehilangan kendali meski tak ditempel ketat oleh sang rival.

Kecelakaan ini membuat Rossi membuat peluangnya meraih gelar juara musim ini hampir tertutup. Pasalnya, Marquez yang memimpin klasemen masih ada di posisi terdepan dan berpeluang meraih podium pertama hari ini. Bahkan Marquez pun bisa mengunci gelar hari ini jika Lorenzo terlempar dari posisi ketiga.

Sedangkan Lorenzo mengalami nasib serupa. Saat balapan masih menyisakan 5 lap, justru Lorenzo terpental meski tak ditempel ketat oleh oleh pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Kecelakaan ini membuat Rossi membuat peluangnya meraih gelar juara musim ini tertutup, begitu pula Lorenzo. Pasalnya, Marquez yang memimpin klasemen masih ada di posisi terdepan dan berpeluang meraih podium pertama hari ini sekaligus mengunci gelar juara tahun ini.

Jatuhnya dua jagoan Yamaha memberikan durian runtuh bagi pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, yang semula berada di belakang Lorenzo. Dovizioso pun merebut podium kedua di Motegi. Sementara Maverick Vinales, sukses meraih podium ketiga setelah terlibat persaingan ketat hingga lap terakhir dengan rekan setimnya, Aleix Espargaro.

Di akhir balapan, Marquez mengakui dirinya mendapatkan keuntungan dari jatuhnya Rossi dan Lorenzo. Dia tak bisa menyebumbunyikan kegembiraannya di depan awak televisi seusai balapan.

“Sejujurnya, ini luar biasa. Setelah Rossi jatuh dan Lorenzo jatuh, saya pun menuju kemenangan. Saya tarik gear saya semaksimal mungkin dan juara. Ini luar biasa bagi saya, Honda, dan Motegi. Terima kasih untuk mekanik dan tim,” kata Marquez.

Dovizioso juga mengakui hal yang sama. Dia mengaku lebih hati-hati setelah Lorenzo terjatuh karena dirinya masih jauh dari posisi Vinales-Espargaro dan nyaris mustahil mengejar Marquez.

“Saya start tidak begitu bagus, tapi setelah Rossi dan Lorenzo jatuh, saya berupaya untuk lebih smooth karena lap masih panjang. Lorenzo melakukan kesalahan, dan ini akhir pekan yang sangat bagus,” kata Dovizioso.

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.