Duh, Pria Jepang Kena Corona Usai Jalan-Jalan ke Indonesia
Ilustrasi hasil tes darah orang positif terinfeksi virus corona. (Reuters/Dado Ruvic)

Solopos.com, TOKYO — Pria 60 tahun asal Jepang positif dinyatakan mengidap virus corona baru (Covid-19) tak lama setelah pulang dari Indonesia. Hal itu diumumkan pemerintah Tokyo pada Sabtu (23/2/2020) waktu setempat.

Dilaporkan Detik.com, Minggu (23/2/2020), pria yang tak disebutkan namanya itu sempat pergi ke dokter pada 12 Februari 2020 karena mengalami gajala flu. Namun ia bisa kembali ke rumah karena tak menunjukkan gejala sakit serius.

Ia kemudian sempat bekerja selama dua hari dan pergi berlibur ke Indonesia pada 15 Februari 2020. Saat kembali ke Jepang pada 19 Februari 1220, pria tersebut kesulitan bernafas dan dikatakan dalam kondisi serius.

Siaran pers dari Tokyo Novel Coronavirus Infectious Disease Control Center di situs web pemerintah Tokyo menyatakan bahwa seorang penduduk Tokyo berusia 60-an dinyatakan positif mengidap penyakit COVID-19 dan gejala-gejalanya mulai terjadi pada 12 Februari.

Namun rilis tersebut tidak menyebutkan riwayat perjalanan ke Indonesia, hanya mengatakan bahwa pria itu tidak memiliki riwayat perjalanan ke China dalam waktu 14 hari sebelum timbulnya gejala. Kondisi pria tersebut kini terdaftar sebagai pasien dengan kondisi serius.

Kasus itu menjadi kasus kedua seorang pasien dinyatakan positif COVID-19 setelah kunjungan ke Indonesia. Yang pertama, seorang lelaki Tionghoa yang diidentifikasi sebagai Jin, dinyatakan positif mengidap penyakit itu awal bulan ini, delapan hari setelah kembali dari Bali.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho