Duh, Piala AFC U-16 & U-19 Ikut Ditunda Tahun Depan
Tim Nasional U-19 Indonesia menjalani latihan lapangan perdana di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/8/2020). (Antara-PSSI)

Solopos.com, JAKARTA — Pandemi Covid-19 benar-benar mengobrak-abrik jadwal turnamen sepak bola di Benua Asia. Setelah penundaan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020, ajang Piala AFC U-16 dan U-19 dipastikan batal dihelat tahun ini. Dua kejuaraan kelompok umur itu diundur hingga awal tahun 2021.

Keputusan ini tentu menjadi kabar buruk untuk Timnas U-16 dan Timnas U-19 yang sudah jauh-jauh hari mempersiapan diri untuk ajang tersebut. Timnas U-19 bahkan sudah berada di Kroasia sejak akhir Agustus untuk menjalani pemusatan latihan dan uji coba pertandingan.

Ada Indikasi Data Ganda, 14.705 Keluarga di Sragen Tak Lagi Terima Bantuan

Sebagai informasi, Piala AFC U-16 sedianya digelar di Bahrain, 25 November-12 Desember 2020. Adapun Piala AFC U-19 terjadwal pada 14-31 Oktober 2020. Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, mengakui ini merupakan masa sulit bagi insan sepak bola dan dunia olahraga secara umum.

Pihaknya mengaku harus mengambil langkah terukur untuk memastikan keamanan finansial AFC dan para asosiasi anggota. Diketahui, beberapa kejuaraan AFC lain seperti Liga Champions Asia, Piala Asia Futsal dan Piala AFC 2020 juga tertunda.

Petugas Sensus Penduduk Jadi Korban Pelecehan Saat Lakukan Verifikasi Data, Pelakunya Pak RT!

“Saya yakin, dengan kesatuan dan keberagaman di AFC, kita bisa menghadapi tantangan ini,” ujarnya dalam pernyataan resmi, dilansir Detik, Kamis (10/9/2020).

Fokus

Sementara itu, Timnas U-19 tetap fokus dengan pemusatan latihannya di Kroasia meski Piala AFC U-19 batal digelar tahun ini. Garuda Muda akan menghadapi Arab Saudi U-19 dalam partai pamungkas Friendly Tournament di Stadion Igraliste NK Polet, Kroasia, Jumat (11/9/2020).

Bupati Sragen Siap Bubarkan Pengajian Habib Syech Besok Jika Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Witan Sulaeman dkk. digadang-gadang meraih hasil lebih baik setelah dibantai Bulgaria (0-3) dan Kroasia (1-7). Kiper Timnas U-19, M. Adi Satryo, memastikan tim tetap fokus untuk tampil bagus melawan Arab Saudi. Dia mengaku tak terganggu dengan 10 gol yang telah bersarang ke gawangnya di dua laga awal.

“Kami sedang pemulihan [agar fit saat melawan Arab Saudi],” ujar Adi dilansir pssi.org.

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom