SOLOPOS.COM - Kepala Bagian Kesejahteraan Pemkab Batang Suprapto. (Antara-Kutnadi)

Solopos.com, BATANG — Kepala Bagian Kesejahteraan Pemerintah Kabupaten Batang Suprapto mengeluhkan rendahnya minat pelajar dan mahasiswa setempat mengajukan permohonan beasiswa kepada pemerintah kabupaten mereka. Alhasil jatah dana beasiswa itu tak terpakai optimal.

“Pada 2018 misalnya, pagunya mencapai Rp70 juta namun hanya terealisasi Rp32,5 juta karena pendaftarnya minim. Bahkan pada 2019 dialokasikan Rp100 juta namun sampai triwulan ketiga baru terserap Rp31 juta,” ungkapnya di Batang, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, Pemkab Batang memastikan nilai alokasi dana untuk program beasiswa setiap tahunnya mencapai ratusan juta rupiah. Beasiswa itu dianggarkan bagi pelajar mulai tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hal itu sudah diatur pada Peraturan Daerah Perubahan APBD 2018 No. 55/2019. Jadi, kita tetap mengalokasikan dana program beasiswa bagi pelajar atau mahasiswa yang berprestasi namun dari keluarga tidak mampu,” katanya.

Ia mengatakan pelajar atau mahasiswa yang berprestasi dalam pendidikan dimaksud adalah mulai tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional dengan standardisasinya masing-masing. “Akan tetapi karena statusnya bansos maka diprioritaskan bagi pelajar dari keluarga tidak mampu. Semua syarat itu harus dilampirkan buktinya untuk diusulkan kepada bupati dengan tembusan bagian kesra,” katanya.

Melalui usulan itu, kata dia, pihaknya akan membuat surat keputusan (SK) daftar calon penerima yang selanjutnya instansi terkait yaitu BPKAD untuk pencairan dana beasiswa. “Setelah dilakukan verifikasi, Badan Pendapatan Keuangan, dan Aset Daerah (BPKAD) menerbitkan surat permintaan pencairan dana [SP2D],” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya