Duh! Meski Sembuh, Pasien Positif Corona Mengalami Kerusakan Jantung
Staf medis merawat pasien positif corona di Oglio Po, Cremona, Italia, 19 Maret 2020. (Reuters/Flavio Lo Scalzo)

Solopos.com, JAKARTA – Hasil riset terbaru menemukan, meski bisa sembuh dari virus corona, pasien positif Covid-19 bisa mengalami kerusakan jantung. Peneliti masih meneliti lebih lanjut penyebab pasti kerusakan jantung ini.

Temuan itu mengemuka dalam laporan terbaru jurnal JAMA Cardiology. Dalam laporan itu disebut satu dari lima pasien positif corona yang sembuh di Wuhan mengalami kerusakan jantung.

Hujan Abu Akibat Erupsi Merapi Jumat 10 April Guyur 3 Desa di Boyolali

Namun, para ahli belum bisa mengetahui penyebab pasti kerusakan jantung ini. Ada beberapa pendapat mengapa kerusakan jatung akibat corona ini terjadi salah satunya jantung kekurangan oksigen.

Selain itu, ada sejumlah dugaan lainnya yakni virus menyerang langsung sel jantung, hingga reaksi imun tubuh yang berlebihan merusak jantung.

Sempat Pakai Jas Hujan, Puskesmas Ampel Boyolali Terima Bantuan APD

"Yang kita tahu Corona ini bukan satu-satunya virus yang bisa berdampak pada jantung," kata Dr Mohammad Madjid dari University of Texas Health Science Center seperti dikutip Detik.com dari Live Science, Jumat (10/4/2020).

Dalam studi sebelumnya, Madjid memberikan contoh, infeksi virus influenza atau flu bisa meningkatkan risiko sakit jantung hingga enam kali lipat.

Hal ini terjadi lantaran jantung bekerja lebih keras memompa darah untuk mengalirkan oksigen akibat ada penurunan fungsi paru-paru.

1 PDP Corona Karanganyar Meninggal di RSUD Moewardi Solo, Peserta Ijtima Gowa

Hal serupa ini yang lantas diduga terjadi pada kasus pasien virus Corona.

Sementara itu, Dr. Erin Michos dari departemen kardiologi Johns Hopkins School of Medicine mengatakan kerusakan jantung ini sebagian besar terjadi pada kasus pasien yang mengalami gejala berat.

Merapi Erupsi, Tak Ada Suara Gemuruh dan Hujan Abu di Klaten

"Kami melihat kasus-kasus pasien yang tidak memiliki penyakit jantung, mengalami kerusakan jantung," kata Dr Erin.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho