Kategori: Jateng

Duh! Keluarga Jemput Paksa Belasan Pasien Covid-19 di Blora


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, BLORA — Sejumlah orang memadati Klinik Bhakti Padma di Jl Blora-Randublatung Km 4, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa (16/6/2020) sejak pagi hingga siang. Mereka ternyata anggota keluarga pasien Covid-19 di salah satu klinik di Blora tersebut.

Mereka menjemput paksa para pasien Covid-19 untuk dibawa pulang. "Pihak keluarga meminta paksa agar pasien baik yang masih positif swab Covid ataupun yang sudah negatif swab untuk dirawat di rumah," ujar Direktur RSUD dr Soetijono Blora, dr Nugroho Adiwarsono, saat dihubungi Detik.com.

Bupati Sragen Waspadai Penularan Covid-19 Lewat Transmisi Lokal

Sejumlah orang memadati klinik tersebut sejak sekitar pukul 09.00 WIB. Sejumlah aparat gabungan dari Satpol PP, polisi dan BPBD juga sempat berjaga di tempat itu.

Nugroho menjelaskan total ada 14 pasien Covid-19 dari klaster Pondok Al-Fatah, Temboro, Magetan, Jawa Timur yang dirawat di klinik Bhakti Padma Blora. Dari 14 orang, 11 orang masih dinyatakan positif swab dan tiga orang sempat yang positif Covid-19 sudah dinyatakan negatif swab.

Tunggu Aba-Aba Gubernur, Klaten Siapkan 3 Skenario Siswa Kembali Sekolah

Semua Pulang

Karena paksaan pihak keluarga, semua pasien Covid-19 di klinik itu akhirnya dipulangkan. "Semua dipulangkan," kata Nugroho.

Nugroho mengatakan pihaknya sudah memberi pengertian kepada keluarga pasien bahwa membawa pulang pasien yang masih hasil swab-nya masih positif sangat membahayakan.

"Namun yang terjadi mereka tetap meminta paksa agar pasien itu dibawa pulang, apapun syaratnya mereka menyanggupi. Ya mau gimana lagi, dari pada terjadi keributan. Kita perbolehkan," jelasnya.

Para pasien akhirnya diperbolehkan pulang di waktu yang tak bersamaan mulai sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka pulang dengan kendaraan pribadi.

Konsep Cloud Kitchen ala Rebel Foods Bisa Dipakai Pebisnis Kuliner Soloraya

Setelah keluar, para pasien Covid-19 di salah satu klinik di Blora tersebut meneriakkan kalimat takbir yang disambut pihak keluarga yang sudah menunggu. Setelah suasana kondusif, aparat gabungan akhirnya juga meninggalkan lokasi.

Klinik Bhakti Padma merupakan tempat yang dipilih oleh Pemkab Blora untuk merawat pasien virus corona.

Share
Dipublikasikan oleh
Ginanjar Saputra