Tutup Iklan

Duh, Kapal SAR Berbenturan dengan Kapal Lain di Lokasi Evakuasi Sriwijaya Air

Meski ada yang sobek, KN Wishnu akan tetap beroperasi di tengah pencarian Sriwijaya Air.

Duh, Kapal SAR Berbenturan dengan Kapal Lain di Lokasi Evakuasi Sriwijaya Air

SOLOPOS.COM - Prajurit Kopaska TNI AL meletakkan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di kapal saat evakuasi di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (17/1/2021). (Antara-Muhammad Adimaja)

Solopos.com, JAKARTA —  Kapal KN SAR Wisnu milik Basarnas dikabarkan berbenturan dengan kapal lain di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu.

Basarnas seperti dilansir detik.com mengonfirmasi kapal berisi penyelam itu berbenturan dengan kapal milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla).

“Betul (KN SAR Wisnu berbenturan). Dari Perhubungan Laut,” ujar Direktur Operasi Basarnas Brigjen Rasman MS saat dimintai konfirmasi, Selasa (19/1/2021).

Wilayah Musuk Boyolali Diselimuti Abu Merapi, Begini Penampakannya

Ketika ditemui di JICT 2, Rasman memastikan kapal milik Basarnas tidak bertabrakan, melainkan hanya berbenturan. Alhasil, terdapat sedikit sobekan di KN SAR Wisnu.

“Yang jelas, itu bukan tabrakan. Benturan karena faktor ombak, namanya di lapangan gelombang itu tidak bisa mengendalikan lautnya seperti itu. Sehingga ada sedikit sobek,” ucap Rasman saat ditemui di lokasi secara terpisah.

Kapal Wishnu, yang ikut dalam misi pencarian Sriwijaya Air SJ182 mengalami benturan yang menyebabkan bagian kapal sobek.

Rumah Kadiyem di Dekat Hutan di Sragen Kembali Diterangi Listrik

“Ini benturan. Kalau tabrakan itu bisa menyebabkan tenggelam. Ini benturan dan ada sobek memang di bagian KN Wishnu, tapi sobeknya saya belum bisa memastikan karena belum ada laporan. Yang jelas sobeknya itu di atas 3 meter di atas permukaan air, artinya kapal itu tidak mengganggu operasional, tetap bisa operasional. Kecuali kalau udah sangat dekat dengan air,” ujar Rasman.

Tempat Istirahat Penyelam

Rasman memaparkan KN Wishnu sendiri dikerahkan untuk tempat peristirahatan para penyelam. Dia mengatakan, meski ada yang sobek, KN Wishnu akan tetap beroperasi di tengah pencarian Sriwijaya Air.

“Itu kapal untuk menampung tempat istirahat, selama 8 hari ini baru 1 kali sandar. Karena memang dia untuk menampung penyelam, semacam hotelnya. Jadi bukan yang wira-wiri untuk membawa barang bukti. Nggak sandar, dia tetap di lapangan,” ujarnya.

Ingat Baik-baik! Ini Syarat Bisa Vaksinasi Covid-19

Sementara itu, Badan Keamanan Laut (Bakamla) menepis kabar ada kapalnya yang berbenturan dengan kapal milik Basarnas. Namun, Bakamla tidak menampik jika dikatakan memang ada kapalnya yang beroperasi di wilayah evakuasi jatuhnya SJ182.

“Tidak ada! Oke saya cek,” ucap Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia.

“Ada. Ada 4 kapal,” sambungnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Target Sasaran Vaksin Covid-19 di Kudus Jadi 607.063 Orang

Target sasaran vaksin Covid-19 di Kabupaten Kudus naik menjadi 607.063 orang dari sebelumnya hanya 127.063 orang.

Kasir Otaki Pencurian Rp74 Juta Milik UPK Gemilang Magelang

Seorang kasir di Unit Pengelola Keuangan (UPK) Gemilang Sejahtera Tempuran berinisial, Sj, 38, jadi otak pencurian uang senilai Rp74 juta.

Lirik Lagu Lingsir Wengi dan Terjemahannya Versi Didi Kempot

Di bawah ini terdapat lirik lagu yang kerap dikaitkan dengan horor, Lingsir Wengi versi sang maestro musik campursari, Didi Kempot.

Menilik Kuliner Opor Ayam Khas Pati yang Fenomenal

Pati punya hidangan khas lain berupa opor, salah satunya Opor Ibu Saudah yang dalam penyajiannya porsi potongan ayamnya besar-besar.

Ini Dia Daftar Perguruan Tinggi BUMN yang Kasih Beasiswa Plus Link Pendaftarannya

Sembilan perguruan tinggi BUMN menawarkan beasiswa kuliah kepada calon mahasiswa baru.

10 Berita Terpopuler : 1 dari 4 SMK Swasta Terbaik Nasional Ada di Solo – Kisah Warga Terjerat Pinjol

Ulasan tentang SMK swasta terbaik nasional hingga Coca Cola merugi masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

KA Nusa Tembini Digadang Angkat Pariwisata Banyumas

KA Nusa Tembini rute Cilacap-Yogyakarta pergi pulang (PP) yang akan diluncurkan pada 2 Juli 2021 diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.  

Waduh! Covid-19 Meluas, Tambah 3 Kantor Desa di Polokarto Sukoharjo Lockdown

Seluruh pelayanan masyarakat dihentikan sementara setelah tiga kepala desa (Kades) di Polokarto dinyatakan positif Covid-19.

Kasus Covid-19 Sleman Melonjak, Hingga Pertengahan Juni Ada 59 Pasien Meninggal

Terjadi lonjakan kasus COvid-19 di Sleman. Begitu pula dengan angka kematian pasien Covid-19 yang meningkat.

Akses Layanan Kesehatan di Cilacap Tersulit di Jawa Tengah

Kabupaten Cilacap memiliki nilai tertinggi untuk kategori sangat sulit terkait akses pelayanan kesehatan  di Jawa Tengah.

Kompak Turun, Ini Harga Emas Pegadaian Hari Ini Kamis 17 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Kamis (17/6/2021) turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Pertaruhan Ekonomi

Koran Solopos edisi Kamis (17/6/2021) mengangkat topik utama tentang sikap pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang melonjak sekaligus memperbaiki ekonomi yang terpuruk.