SOLOPOS.COM - Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sukoharjo, Oma Nuryanto, saat ditemui di proyeknya di sekitar Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (25/10/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Tingginya antusias masyarakat dalam menyambut Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah di Solo memberikan dampak positif bagi dunia perhotelan.

Kegiatan yang diprediksi akan mendatangkan massa sebanyak 3 juta orang itu membuat kamar hotel di Sukoharjo bahkan Soloraya fully booked.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hal itu seperti disampaikan Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sukoharjo, Oma Nuryanto.

Oma mengatakan kamar hotel di Soloraya yang berjumlah sekitar 8.000 kamar bahkan tak mampu menampung peserta Muktamar.

“Bagi kami selaku tempat akomodasi hotel dan restoran menyambut positif sekali dengan adanya Muktamar ini. Karena memang kami sangat terbantu untuk okupansinya.  Kamar di hotel Soloraya full sampai ke Semarang dan ke Jogja. Karena di sini [Soloraya] sudah tidak muat, ini berkah untuk semua,” terang Oma saat ditemui di proyeknya di sekitar Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (25/10/2022).

Baca juga: MDMC Solo akan Bangun Dapur Umum Muktamar 48, Belasan Ribu Porsi Sekali Masak

Oma mengatakan seluruh kamar di Soloraya telah dipesan  sejak dua hari sebelum penyelenggaraan Muktamar pada 18-20 November 2022 mendatang.

Sebab banyak pendatang dari luar pulau seperti Palembang, Kalimantan dan kota lainnya yang ingin berwisata sebelum mengikuti kegiatan Muktamar. Mereka bahkan telah memesan beberapa destinasi ke Jogja hingga Tawangmangu.

Tak hanya dunia perhotelan menurutnya dampak positif itu juga dirasakan bagi pelaku dunia usaha bidang pariwisata, agen travel, rental mobil hingga kuliner dan dunia usaha lain seperti perajin souvenir.

Meski demikian, dia mengakui beberapa pihak cukup kuwalahan menyediakan kapasitas kamar di event nasional yang cukup besar itu. Namun standarisasi kemanaan dan kebersihan dipastikan sesuai standar yang berlaku.

Oma juga memastikan seluruh pelaku usaha dunia perhotelan telah terkoordinir dan terus melakukan komunikasi sehingga dampak positif itu bisa dirasakan merata.

Baca juga: Pembukaan hingga Expo, Muktamar Muhammadiyah 2022 Berlangsung di 3 Lokasi Solo

“Sebelum ada panitia Muktamar banyak peserta yang sudah memesan kamar sendiri. Di Sukoharjo kamar hotel ada sekitar 2.000 Sedangkan di Solo bisa mencapai 4.000. Kalau digabungkan di Soloraya bisa sampai 8.000-an kamar. Itu saja masih tidak muat,” jelas Oma.

Sementara itu saat berkunjung ke Griya Solopos, Senin (17/10/2022), Ketua Panitia Penerima Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo, Sofyan Anif, menyampaikan persiapan terus dilakukan untuk menyambut gawe geden warga Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Termasuk dukungan dari tiga kepala daerah di Soloraya, yaitu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Bupati Karanganyar Juliyatmono, serta Bupati Sukoharjo Etik Suryani. Mereka memberikan dukungan masing-masing.

“Dukungan Solo, Karanganyar, dan Sukoharjo, bagus. Saya kirim pesan Whatsapp ke Bu Etik, mendukung sekali. Kami juga berkoordinasi dengan Forkompinda dan OPD [organisasi perangkat daerah]. Pak Sekda diinstruksikan pimpin persiapan,” terangnya.

Sofyan melanjutkan Sekda Sukoharjo telah diminta mendukung semua yang dibutuhkan agar penyelenggaraan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo berlangsung lancar. Dukungan juga datang dari Bupati Karanganyar.

Baca juga: Jutaan Orang Ikuti Muktamar Muhammadiyah, Pemkot Solo Bantu Alat Transportasi

Pemkab Karanganyar rencananya menyediakan 55 unit bus untuk dimanfaatkan Panitia Penerima Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya