Duh! Harga Sayuran di Boyolali Tinggi, Daging Sapi Turun dan Sepi

Harga sayuran di pasaran Kabupaten Boyolali mulai merangkak naik. Sebaliknya, harga daging sapi turun dan sepi pembeli.

 Penjual dan pembeli sedang melakukan transaksi di Pasar Boyolali, Jumat (5/8/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

SOLOPOS.COM - Penjual dan pembeli sedang melakukan transaksi di Pasar Boyolali, Jumat (5/8/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALI – Harga sayuran di pasaran Kabupaten Boyolali mulai merangkak naik. Sebaliknya, harga daging sapi turun dan sepi pembeli.

Penjual di Pasar Boyolali, Widatik menerangkan harga minyak goreng kemasan masih stabil di angka Rp15.000 per liter. Namun terjadi kenaikan untuk harga terigu karungan isi 25 kilogram (kg), dari Rp105.000 per karung menjadi Rp139.000 per karung.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Warga Boyolali tersebut menerangkan harga cabai saat ini masih stabil. Cabai teropong di angka Rp75.000 per kg dan cabai rawit seharga Rp65.000 per kg.

Sementara harga beberapa jenis sayuran mengalami kenaikan. Misalnya wortel, kobis, dan loncang yang naik sejak satu pekan lalu.

Harga wortel biasa dari harga Rp5.000 naik menjadi Rp15.000 per kg, kemudian kobis dari Rp7.000 naik menjadi Rp10.000 per kg. Diikuti kenaikan loncang dari Rp8.000 menjadi Rp11.000 per kg.

Baca juga: HARGA KEBUTUHAN : Harga Sayur-sayuran di Boyolali Kompak Naik

Kenaikan harga tersebut juga disusul dengan kelangkaan barang dagangannya.

“Untuk wortel dan loncang, saya belanja di Pasar Cepogo, kalau kobis saya dapat setoran dari Bandungan, Salatiga,” ucap Widatik saat ditemui di Pasar Boyolali, Jumat (5/8/2022).

Pembeli asal Pulisan Boyolali, Yuli, membenarkan adanya kenaikan sayuran sepekan terakhir.

“Rata-rata semua naik, seperti bunga kol sebelumnya Rp8.000/kg sekarang jadi Rp15.000/kg, tapi di pasar ini harganya masih lebih miring dibanding luar,” ucapnya setelah selesai belanja sayuran di pasar Boyolali, Jumat (5/8/2022).

Senada dengan sayuran, daging ayam mengalami sedikit kenaikan. Penjual daging ayam, Prihatin menjelaskan, daging ayam naik lagi dari Rp33.000/kg menjadi Rp35.000/kg sejak tiga hari yang lalu.

Baca juga: KENAIKAN HARGA BBM : BBM Naik, Harga Sayuran di Boyolali Malah Turun

Selain menyampaikan harga, penjual daging ayam yang buka mulai pukul 04.00 WIB sampai 15.00 WIB itu, menerangkan pembeli ramai membeli daging ayam saat pagi hari, terlebih saat bulan Zulhijah.

Berbeda dengan sayur dan daging ayam, harga daging sapi di pasar Boyolali mengalami penurunan. Penjual daging sapi, Partini, mengeluhkan penjualan daging sapi yang sepi pembeli sejak wabah penyakit kulit dan mulut (PMK) melanda.

Dulu penjualan daging sapi mencapai 60 kg per hari, setelah ada wabah PMK ia tidak bisa menjual lebih dari 20 kg dalam sehari.

“Sekarang mau beli sapi saja susah, harus ke Pasar Ngawi Jawa Timur. Setelah itu juga ada pengawasan ketat dari pemerintah kabupaten. Sapi yang akan disembelih harus benar-benar sehat. Tapi penjualan daging kami berangsur sepi dan harga sapi ikut merosot,” ucap Partini saat ditemui Solopos.com di Pasar Boyolali, Jumat.

Baca juga: Harga Sayur di Boyolali Melejit Gegara Petani Lereng Merapi Gagal Panen

Partini menjelaskan hal itu juga menyebakan penurunan harga daging sapi yang sebelumnya dikisaran Rp130.000/kg menjadi Rp130.000/kg.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Gondang Winangun Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Pedan, Klaten.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perangkat Desa di Eks Kawedanan Pedan Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Pedan, Klaten.

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Jatinom Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Jatinom, Klaten.

    Rumah dan Kandang di Tanon Sragen Terbakar, 1 Ekor Sapi Terpanggang

    Rumah dan kandang ternak milik warga Dukuh Dayan, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah terbakar pada Minggu (7/8/2022).

    Meriah! Ratusan Orang Kunjungi Bedoro Festival Fair Sambungmacan Sragen

    Ratusan orang menghadiri Bedoro Festival Fair yang diselenggarakan di Lapangan Tunjungsemi, Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, pada Minggu (7/8/2022).

    Daftar Kekosongan Jabatan Perdes di Eks Kawedanan Delanggu Klaten

    Berikut kekosongan jabatan perangkat desa di eks Kawedanan Delanggu, Klaten.

    Malam Puncak Grand Final Putra Putri Solo 2022, Meriah tapi Khidmat

    Malam puncak grand final pemilihan Putra Putri Solo 2022 di Balai Kota Solo berlangsung meriah dihadiri Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire.

    Kisah Sukses Penjual Kesemek Selo Boyolali, Tembus Pasar Singapura

    Kisah sukses ini berasal dari Rina dan keluarganya di Desa/Kecamatan Selo, Boyolali yang kesehariannya berjualan buah kesemek.

    Alasan DLH Solo Usulkan CFD Tanpa Pedagang, Hanya Masalah Sampah?

    Persoalan rendahnya kesadaran pedagang dan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu alasan DLH Solo usulkan CFD tanpa pedagang.

    Bakal Ditutup Total 3 Bulan, Begini Pengaturan Lalin Simpang Joglo Solo

    Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas saat simpang Joglo, Banjarsari, Solo, ditutup total selama tiga bulan.

    Jadi Ikon Desa! 14 Kelompok Ikuti Festival Gejog Lesung Barepan Klaten

    Sebanyak 14 kelompok mengikuti Festival Gejog Lesung yang digelar di Pendapa Alun-alun Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten, Minggu (7/8/2022) siang.

    Wah, Pelopor Karawitan Jangglengan Sukoharjo Ternyata Penjual Bakso

    Munculnya kelompok karawitan di Desa Jangglengan, Nguter, Sukoharjo, dipelopori oleh seorang warga yang pernah merantau di Bandung sebagai penjual bakso.

    Simpang Joglo Solo Ditutup 3 Bulan untuk Rel Layang, Catat Jadwalnya!

    BTP Jabagteng telah menyiapkan linimasa pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, yang salah satunya berdampak penutupan total simpang tujuh itu selama tiga bulan.

    Pengumuman! Ndarboy Genk Manggung di Stadion Trikoyo Klaten Malam Ini

    Ruas Jl. Pemuda Klaten bakal diberlakukan dua arah, Minggu (7/8/2022) pukul 18.00 WIB-24.00 WIB.

    Ini Tren Make Up yang Digandrungi Kawula Muda di Sragen

    Paguyuban Perias Widuri Sragen menyebut jenis make up yang menjadi tren dan digandrungi kawula muda di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

    Minim Siswa, SMP Negeri di Jumapolo-Jatipuro Karanganyar bakal Digabung

    Pemkab Karanganyar berencana me-regrouping atau menggabungkan sejumlah SMP negeri di dua kecamatan di Kabupaten Karanganyar.