Tutup Iklan
Duh, Dua Orang Positif Covid-19 di Karanganyar Meninggal Dunia
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, KARANGANYAR—Dua orang positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar meninggal dunia, Senin (27/7/2020).

Data yang dihimpun Solopos.com dari akun resmi Instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, dua orang positif Covid-19 yang meninggal berasal dari Kecamatan Matesih dan Kecamatan Kebakkramat. Tambahan dua kasus itu membuat total jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal di Karanganyar menjadi enam orang.

Bupati Karanganyar selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar, Juliyatmono, membenarkan hal itu. Selain dua orang meninggal, tercatat penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak lima orang. Dinkes Karanganyar pada laman Instagramnya juga mencatatkan enam orang dinyatakan sembuh.

Covid-19 Indonesia Tembus 100.000-an, PDIP Serukan Gotong Royong

"Iya betul memang. Tambah lima orang terkonfirmasi positif Covid-19, dua orang meninggal, dan enam orang terkonfirmasi Covid-19 dinyatakan sembuh," kata Juliyatmono saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak lima orang itu adalah empat orang kontak erat karyawan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moewardi (RSDM) Solo sedangkan satu orang adalah warga Kebakkramat. Pada kasus warga Kebakkramat itu, pelaporan terkonfirmasi positif Covid-19 bareng dengan kabar kematiannya.

"Jadi data yang masuk ke kami itu dia dilaporkan meninggal sekaligus terkonfirmasi positif Covid-19. Awalnya berstatus PDP saat itu. Sama halnya dengan empat orang Tasikmadu yang merupakan kontak erat pegawai RSDM. Hasil dari mereka dinyatakan positif Covid-19 dengan negatif Covid-19 itu nyaris bersamaan. Tapi sebelumnya mereka sudah melakukan isolasi mandiri sembari menunggu hasil swab," tutur dia.

Meski Renovasi Rampung, Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat Iduladha 1441 H

Dua orang lainnya yang telah dinyatakan sembuh berasal dari Kecamatan Colomadu. Satu orang berstatus tenaga kesehatan, dan satu orang berstatus kontak erat. Mereka berdua dirawat di RS UNS.

 

Lacak Persebaran

Total pasien di Kabupaten Karanganyar hingga Senin adalah 139 orang. Perinciannya adalah 110 orang dinyatakan sembuh, 23 orang dalam perawatan, dan enam orang dinyatakan meninggal.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kebakkramat yang meninggal itu langsung dimakamkan sesuai protokol pada Senin pagi. Saat ini Dinkes melalui puskesmas setempat berupaya melacak persebaran Covid-19 di lingkungan tersebut.

Cemburu, Pria Godong Grobogan Bacok Saudaranya

Muncul informasi salah satu kerabat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal itu pulang dari Kalimantan. Saat ini, dia sudah kembali lagi ke Kalimantan. Saat datang dari Kalimantan ke Karanganyar, dia mengantongi surat keterangan sehat yakni rapid test nonreaktif.

"Usianya 87 tahun. Sebelumnya ada keluhan sesak napas kemudian dari rumah sakit setempat dirujuk ke RSDM. Di RSDM dilaksanakan swab test. Dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dan meninggal dunia Senin pagi. Dugaan terpapar masih diselidiki."

Satu pasien lain yang meninggal berasal dari Kecamatan Matesih. Pasien perempuan, usia 63 tahun. Dia memiliki riwayat penyakit penyerta, yakni diabetes melitus. Dia meninggal pada Minggu (26/7/2020) malam. Jenazahnya langsung dimakamkan Minggu malam.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho