SOLOPOS.COM - Bus Gatotkaca yang resmi diluncurkan Pemkot Solo pecah kaca di bagian samping kanan di Pendaphi Gede Balai Kota Solo, Senin (5/2/2018). (Nicolous Irawan/JIBI/SOLOPOS)

Kaca bagian samping kanan bus Gatotkaca pecah setelah diluncurkan.

Solopos.com, SOLO—Kaca bagian samping kanan bus Gatotkaca milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pecah sesaat setelah resmi diluncurkan di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo, Senin (5/2/2018) pagi WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kejadian ini berawal saat Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mencoba mengemudikan meeting bus ini di halaman depan Pendaphi Gedhe. Bus ini sebelumnya diparkir di sebelah selatan halaman Balai Kota. (baca: INOVASI PEMKOT SOLO: Wah, Solo Resmi Luncurkan Bus Khusus untuk Rapat Bernama Gatotkaca)

Ekspedisi Mudik 2024

Ia kemudian mengemudikannya dari selatan mengarah ke utara. Saat berbelok ke timur, bagian kiri bus menyerempet pohon yang ada di pinggir halaman Balai Kota. Alhasil, kaca bagian samping kanan bus pecah lantaran terkena batang dan ranting pohon bercabang tersebut.

“Namanya sopir mesti tahu dulu panjangnya. Saya lupa kalau memang panjang. Yang memberi aba-aba ya keliru. Bilang kanan-kanan terus saya ya kanan. Mestinya tidak bisa lewat sini. Enggak mungkin bisa putar di sini. Ini masih garansi, tidak apa-apa. Tapi dengan kejadian ini, besok kalau harus mengemudikan yang panjang-panjang [kendaraan] tidak usah, kapok,” papar Rudy, kepada wartawan seusai kejadian.

Menurutnya, bus ini nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk wisata sekaligus meeting. Dengan bus ini, wisatawan bisa melihat lebih dekat suasana Kota Solo sembari bekerja.

Bus Gatotkaca ini menjadi salah satu dari inovasi program yang dibuat Dinas Perhubungan (Dishub) Solo. Bus ini sebelumnya adalah Bus Begawan Abiyasa yang disulap Dishub menjadi bus dengan fasilitas meeting.

“Ini menjadi bus dengan konsep meeting on the bus yang diberi nama Gatotkaca menggunakan APBD 2017 senilai Rp199,32 juta. Di mana dengan dioperasikannya Bus Gatotkaca diharapkan bisa digunakan sebagai sarana penunjang pengembangan potensi Kota Solo sebagai kota MICE [Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition],” papar Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno, dalam laporannya.

Hari menambahkan tarif promosi untuk sewa bus Gatotkaca ini sebesar Rp2 juta untuk 3 jam penggunaan di dalam Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya