Duh, Data Pribadi di Tiktok Rawan Dicuri Hacker
Logo Tiktok. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA -- Perusahaan keamanan siber Check Point mengklaim temuan celah keamanan di aplikasi TikTok yang membuat data pribadi penggunanya bisa dikumpulkan dengan mudah. Celah ini membuat data pribadi pengguna TikTok dapat diintip termasuk nomor telepon dan pengaturan profil mereka.

Baca Juga: Parosmia, Gejala Covid-19 yang Bikin Hidung Sering Cium Bau Busuk

Informasi itu dapat digunakan untuk memanipulasi detail akun pengguna dan membangun database pengguna TikTok untuk aktivitas jahat, kata para peneliti. Celah yang dimaksud peneliti Check Point ada di fitur Find Friend yang memperlihatkan nickname pengguna, user ID, profil, dan foto avatar.

Namun untungnya, sejauh ini belum ada bukti kalau celah ini sudah pernah disalahgunakan, dan celahnya sendiri langsung ditambal oleh TikTok. "Celah keamanan dengan tingkat informasi sensitif seperti itu sangat memungkinkan terjadi aktivitas berbahaya, seperti phishing atau tindakan kriminal lainnya," kata juru bicara Check Point Ekram Ahmed dalam sebuah pernyataan, dilansir Cnet, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: Pingsan Saat Naik Gunung Lawu, Cewek Pendaki Klaten Ini Ternyata Belum Sarapan

"Pesan kami kepada pengguna TikTok adalah untuk berbagi seminimal data pribadi Anda," lanjut pernyataan tersebut.

TikTok menyebut keamanan dan privasi di komunitasnya sebagai prioritas tertinggi dan berterima kasih kepada Check Point karena perhatian pada kerentanan keamanan tersebut.

"Kami terus memperkuat pertahanan kami, baik dengan terus meningkatkan kemampuan internal kami seperti berinvestasi dalam pertahanan otomasi, dan juga dengan bekerja sama dengan pihak ketiga," kata juru bicara TikTok dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Janda Cianjur Hamil Mendadak Hamil Gegara Angin Semriwing Masuk Vagina

Sumber: Okezone.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom