SOLOPOS.COM - Ilustrasi kosmetik (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JOGJA-Kosmetik palsu yang murah meriah dan banyak dijual di pasar memang sering menipu konsumen dengan kemasan yang terlihat begitu asli dan meyakinkan. Kini dengan maraknya online shop, produk kosmetik palsu ini pun semakin cepat penyebarannya dan banyak pihak yang dirugikan, yakni produsen maupun konsumen yang membelinya.

Salah satu kosmetik yang paling sering ditemukan versi palsunya di pasaran adalah MAC Cosmetics. Situs belanja seperti eBay dan Amazon dilaporkan oleh ABC Action News yang paling banyak menjualnya. Holly Whitis, penata rias asal Tampa, Amerika mengingatkan bahaya akan kosmetik palsu, yakni menimbulkan iritasi, alergi baru hingga kerusakan kulit permanen. Hal ini dikarenakan zat kimia pengganti yang lebih murah untuk membuat kosmetik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Proses penyelidikan yang dilakukan oleh U.S. Department of Homeland Security menemukan salah satu pabrik yang membuat MAC Cosmetics versi KW di China. Dengan kemasan yang begitu asli dan meyakinkan, tidak ada yang tahu bahwa kosmetik tersebut palsu. Uji coba yang dilakukan pun membuktikan adanya reaksi alergi.

Walaupun demikian, banyak konsumen yang tertipu dengan kemasan yang sangat baik dan harga yang ternyata tidak jauh lebih mahal. Ketika harga terlalu murah, konsumen akan ragu, sehingga perbandingannya tidak terlalu jauh. Contohnya saja jika sebuah lipstik tube MAC dijual di gerai resmi seharga $15, maka yang palsu dijual $13.

Pihak Amazon saat ditanya tentu saja menolak penjualan barang palsu dan tidak mentolerirnya. Jika terdapat produk tersebut maka akan segera disita di gudang.
Sayangnya situs ini tidak bisa disalahkan sepenuhnya mengingat banyak penjual yang menjadi pihak ketiga maupun keempat, sehingga peputaran produk palsu tetap terjadi. Jadi memang sebaiknya tetap membeli di gerai resmi di mal besar yang terpercaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya