Tutup Iklan -->
Duh! 3 dari 4 Anggota Keluarga di Karanganom Klaten Terpapar Virus Corona
Ilustrasi keluarga lawan Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN – Hampir satu keluarga di Kecamatan Karanganom, Klaten, ini terpapar virus corona. Dari empat anggota keluarga inti, hanya ibu di keluarga tersebut yang hasil uji swab menyatakan negatif virus corona.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Covid-19 Klaten mengumumkan adanya penambahan seorang pasien positif Covid-19, yakni RFM, 13, warga Kecamatan Karanganom, Sabtu (23/5/2020).

Saat ini, RFM dirawat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten. Bertambahnya pasien Covid-19 tersebut, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bersinar mencapai tujuh orang.

Riwayat Kontak

RFM berasal dari keluarga di Klaten dengan riwayat pernah terpapar virus corona. RFM merupakan anak kedua dari MA, 51. MA merupakan seorang karyawan swasta yang bekerja di Kota Solo.

MA terpapar virus corona, sejak Senin (20/4/2020). Ia dinyatakan sudah sembuh, Senin (11/5/2020). Sebelum pulang ke rumahnya, MA dirawat di Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten.

PCNU Sragen: Pasien Positif Covid-19 dan PDP Haram Hukumnya Salat Id Berjamaah di Masjid

Selang beberapa hari MA dinyatakan sembuh, giliran anak sulungnya, HHM, 20, yang terpapar virus corona. HHM merupakan seorang mahasiswa di Kota Bengawan. HHM diduga tertular virus corona dari ayahnya.

Sebelum muncul pandemi Covid-19, MA, HHM, RFM, dan ibunya tinggal dalam satu rumah. Setelah HHM dinyatakan positif Covid-19, Sabtu (16/5/2020), petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten melakukan tes swab terhadap adik dan ibu dari HHM tersebut, Senin (18/5/2020).

“Betul, ananda RFM ini adiknya HHM atau anak kedua dari MA [putri kedua dari MA]. Pagi ini, RFM sudah dijemput petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten untuk dirawat di RSD Bagas Waras. Penjemputan dilakukan tim Dinkes dengan berpakaian alat pelindung diri [APD] lengkap,” kata Camat Karanganom, Slamet Samudra, kepada Solopos.com, Sabtu (23/5/2020).

Hasil Uji Swab

Slamet Samudra mengatakan RFM dijemput menyusul sudah keluarnya hasil swab yang bersangkutan dari Dinkes Klaten. Kemungkinan besar, RFM terpapar virus corona karena dari ayahnya, MA.

H-1 Lebaran, Pemudik Masih Terus Berdatangan di Terminal Wonogiri

“Hasil swab RFM menunjukkan positif. Sedangkan, ibunya negatif. Jadi, saat ini RFM dan kakaknya sama-sama dirawat RSD Bagas Waras. Sedangkan, ayahnya yang dinyatakan sudah sembuh menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Antara ayah dan ibu itu juga harus jaga jarak dan menaati protokol pencegahan Covid-19 selama di rumahnya,” katanya.

Hal senada dijelaskan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Pencegahan (Gusgas PP Covid-19) Klaten, Cahyono Widodo. Selama pandemi, jumlah pasien positif Covid-19 di Klaten mencapai 22 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 15 orang dinyatakan sudah sembuh dari Covid-19. Sedangkan, tujuh orang masih dirawat di rumah sakit di Klaten.

“Dimungkinkan, ananda RFM tertular dari anggota keluarga yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 di waktu sebelumnya,” kata Cahyono Widodo.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho