SOLOPOS.COM - Vandalisme di Tugu Jam Pasar Gede Solo. (Solopos-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Satu dari empat jam dinding pada Tugu Jam Pasar Gede, Kecamatan Jebres, Solo, hampir lepas dari dinding.

Berdasarkan pantauan , pukul 09.00 WIB, Kamis (14/11/2019), satu jam dinding pada sisi tenggara Tugu Jam Pasar Gede Solo tampak akan copot. Namun jam dinding masih berfungsi sesuai waktu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baut kawat pengait lepas dari jam itu sehingga bagian sisi atas jam menelungkup ke bawah. Sementara tiga jam lainnya di Tugu Jam Pasar Gede Solo dalam kondisi baik.

Tampak cat pada tugu masih baru. Namun, ada goresan vandal dengan spidol hitam pada sisi utara Tugu Jam Pasar Gede Solo.

Salah satu juru parkir di area Tugu Jam Pasar Gede Solo, Wahyudi, 54, mengatakan posisi jam menelungkup sejak Selasa (12/11/2019) lalu ketika hujan lebat beserta angin kencang. Selama 21 tahun menjadi juru parkir, Wahyudi baru kali pertama melihat jam hampir jatuh.

"Biasanya jam mati karena baterai habis. Kami melapor kepada satpam supaya diganti baterai," ujarnya.

Lurah Pasar Gede Solo, Agus Suharjo, menjelaskan belum mendapatkan laporan jam yang rusak. bangunan tersebut merupakan milik DPU PR Solo.

"Untuk perawatan atau mengganti baterai biasanya dari Klenteng Tien Kok Die atau kesadaran masyarakat sekitar," ungkapnya.

Agus menjelaskan segera melihat kondisi jam. Apabila membutuhkan perbaikan, pihaknya akan segera melaporkan kepada dinas terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya