Tutup Iklan
Duh! 1.262 Siswa-Pelatih Secapa TNI AD Bandung Positif Covid-19
Ilustrasi-Salah satu kegiatan di Secapa TNI AD di Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. (secapaad.mil.id)

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 1.262 siswa dan pelatih Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI Angkatan Darat (AD) di Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, positif Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menuturkan penambahan kasus signifikan dari klaster Secapa AD merupakan hasil penyelidikan epidemiologi. Penyelidikan itu dilakukan sejak 29 Juni lalu.

“Yang kita dapatkan keseluruhan kasus positif dari klaster ini sebanyak 1.262 orang. Ini terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih yang ada di sana,” kata Yuri saat memberi keterangan pers di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Begini Cara Cetak KK hingga Akta Kelahiran Sendiri

Yuri membeberkan dari keseluruhan kasus yang berhasil dihimpun, hanya terdapat 17 orang yang mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Dustira Kota Cimahi.

“Karena ada keluhan meski dalam derajat keluhan ringan, di antaranya dari 17 orang ini ada yang demam, batuk, dan agak sesak,” tuturnya.

Sebanyak 1.245 orang lainnya tidak memiliki keluhan apa pun. Mereka saat ini tengah dikarantina di wilayah Secapa AD.

Sindir Menteri Lagi, Jokowi Sebut WFH seperti Cuti

“Kami lakukan isolasi karantina dan kemudian kami larang untuk adanya pergerakan orang, baik masuk ataupun keluar kompleks,” kata dia.

 

Penanganan Berbeda

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat memastikan ratusan siswa positif Covid-19 di Secapa TNI AD sudah ditangani. Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat, Daud Ahmad, mengatakan penanganan Secapa AD berbeda dengan temuan kasus oleh gugus tugas provinsi dan kabupaten/kota.

"Penanganan langsung oleh TNI Angkatan Darat termasuk pelacakan," katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (9/7/2020).

Gubernur Jateng: Waspada, Perut Merapi Bengkak!

Menurutnya, berdasarkan informasi dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tindaklanjut kasus Covid-19 di Secapa AD juga dilakukan oleh pihak TNI AD. Namun, Daud memastikan gugus tugas terus menunggu perkembangan terbaru dari TNI AD.

Sumber: Bisnis


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho