SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyidik KPK (JIBI/Bisnis/Rahmatullah)

Eks Dirut Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan suap pembelian Airbus A330.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua KPK Agus Raharjo membenarkan penetapan mantan Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, sebagai tersangka dugaan suap pembelian pesawat Airbus A330.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Betul, tunggu konpersnya ya,” ujar Agus Raharjo saat dikonfirmasi Bisnis/JIBI, Kamis (19/1/2017). Kendati demikian, Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pihaknya belum bisa konfirmasi nama-nama yang beredar.

Namun, dia mengatakan jika KPK sudah melaksanakan penyidikan sebuah kasus indikasi suap lintas negara. Febri juga mengatakan adanya aliran dana terkait dengan pihak-pihak yang berada di sejumlah negara di Asia dan Eropa. “Siang ini tim masih bergerak. Penggeledahan dilakukan di daerah Pesanggarahan, Jakarta Selatan,” kata Febri.

Dari hasil penggeledahan yang dilakukan pada Rabu kemarin, tim penyidik KPK menduga nilai suap mencapai jutaan dolar Amerika Serikat. Secara terpisah, menyusul penindakan KPK terhadap Emirsyah, Garuda Indonesia menerbitkan pernyataan tertulis.

Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S Butarbutar menyebut penggeledahan KPK di kantor badan usaha milik negara yang bergerak di sektor penerbangan itu tidak terkait kegiatan korporasi, tapi perseorangan.

“Sebagai perusahaan publik, kami sudah memiliki mekanisme dalam seluruh aktivitas bisnis, mulai dari penerapan sistem GCG yang diterapkan secara ketat hingga transparansi informasi,” tutur Benny.

Benny mengatakan, Garuda Indonesia menyerahkan kasus yang menjerat Emirsyah kepada KPK. Ia berjanji, perusahaannya akan bersikap kooperatif kepada penyidik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya