SOLOPOS.COM - Irjen Pol Anton Charliyan saat masih menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Polri (JIBI/Solopos/Antara/Ist)

Dugaan penyiksaan oleh polisi ditanggapi serius oleh Mabes Polri.

Solopos.com, JAKARTA — Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Anton Charliyan mengatakan Polri siap menindaklanjuti laporan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) terkait praktik-praktik penyiksaan yang dilakukan anggota Polri dalam melaksanakan tugasnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Apabila benar-benar kejadian itu, mohon datanya agar kita selidiki. Ini pasti ya, anggota yang bersalah akan kita tindak,” kata Anton Charliyan di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (24/8/2015).

Menurut Anton Charliyan, jangankan korban meninggal, tindakan yang menimbulkan korban luka-luka juga akan ditindak serius. Polri, kata Anton, tidak menghendaki praktik kekerasan tersebut.

“Kalau dilakukan dengan cara demikian berarti tidak profesional. Sementara kita sedang gembar-gembor profesionalisme tetapi kadang-kadang di bawah itu ada saja [yang tak profesional],” katanya. “Kadang-kadang kami juga dongkol kok masih ada saja.”

Lebih lanjut Anton mengatakan soal kasus ini, Polri sudah menegur para Kapolres terkait. Menurut dia bila benar-benar terjadi, pihaknya meminta data kekerasan itu. “Bahkan Kontras sendiri sudah kerjasama dengan Irwasum, Lemdikpol, untuk sosialisasi bagaimana sistem tata cara berdasarkan HAM,” katanya.

Dalam siaran pers, Senin (24/8/2015) Kontras melaporkan masih adanya praktik-praktik penyiksaan oleh anggota Polri. Berdasarkan catatan Kontras dalam empat bulan terakhir, yakni Mei hingga Agustus, setidaknya ada empat pengaduan kasus penyiksaan yang dilakukan anggota Polri sebagai penegak hukum. Praktik penyiksaan tersebut mengakibatkan sebanyak tujuh orang tewas dan 16 orang lainnya mengalami luka-luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya