SOLOPOS.COM - Walt Disney (Youtube)

Walt Disney menggugat tiga perusahaan di Tiongkok terkait penjiplakan.

Solopos.com, SOLO – Perusahaan Walt Disney mengunggat tiga perusahaan asal Tiongkok atas film animasi  berjudul The Autobots. Film lokal tersebut diduga telah menyalin unsur-unsur film milik perusahaan Amerika Serikat tersebut berjudul Cars.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengadilan di Shanghai menggelar persidangan pada Selasa, di mana juru bicara Disney mengonfirmasi hal itu kepada Reuters. Sebuah pernyataan menjelaskan bahwa sengketa tersebut lebih mempersoalkan pelanggaran hak cipta dan persaingan tidak sehat.

The Autobots memancing kemarahan netizen di Tiongkok ketika dirilis tahun lalu, karena menunjukkan beberapa kesamaan dengan Cars, karya Disney tahun 2006 yang dibintangi Owen Wilson dan sekuelnya pada 2011.

Zuo Jianlong, Direktur The Autobots untuk perusahaan produksi Blue MTV, menyatakan santai dengan putusan yang dijatuhkan.

“Banyak netizen membicarakannya sebagai plagiarisme, tetapi tampaknya dari sisi hukum, masalah ini cukup jelas, di akar tidak ada perilaku plagiarisme,” katanya seperti dilansir Antara dari Reuters.

“Jika Anda melihat kedua film tersebut dan membandingkan keduanya, Anda akan tahu dua-duanya benar-benar berbeda,” tambahnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya