SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo bakal memanggil Panitia Pemungutan Suara (PPS) Timuran dan PPS Gilingan untuk dimintai klarifikasi terkait dugaan migrasi suara antarcalon anggota legislatif (caleg) dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Sabtu (19/4) malam. Sebelumnya, Panwaslu sudah mengklarifikasi PPS Sumber terkait dugaan yang sama pada Kamis (17/4) malam.

Berdasarkan surat aduan dugaan manipulasi rekapitulasi suara yang disampaikan Partai Gerindra ke Panwaslu Solo, tertanggal 13 April 2014, Milia Jatmiati sebagai pelapor telah melampirkan kecurigaan migrasi suara di lima tempat pemungutan suara (TPS), yakni TPS 22 Sumber kehilangan 10 suara, TPS 3 Timuran kehilangan delapan suara, TPS 43 Gilingan kehilangan empat suara, TPS 05 Gilingan kehilangan 18 suara dan di TPS 51 Gilingan kehilangan lima suara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

PPS Timuran dan Gilingan dipanggil Panwaslu untuk dimintai keterangan terkait kebenaran perolehan suara untuk Partai Gerindra, khususnya caleg Milia Jatmiati di empat TPS tersebut.

“Kedua PPS itu akan kami hadirkan di Panwaslu besok malam [hari ini].

Sebelumnya, PPS Sumber sudah saya mintai keterangan dan ternyata data di PPS Sumber sudah sesuai dengan di formulir C1 milik caleg. Artinya, dugaan migrasi 10 suara itu tidak benar. Tetapi, memang data di Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) tercatat nol suara untuk Milia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PPS Sumber, Sigit Wibowo, saat dimintai konfirmasi solopos.com mengakui memenuhi panggilan Panwaslu. Dia datang tak sendirian, melainkan ditemani dua orang anggota PPS lainnya. Dalam klarifikasi Kamis malam, kata dia, data di PPS sudah sesuai dengan data di C1 milik caleg yang bersangkutan.

“Sebelumnya, memang sudah dilakukan perbaikan terkait dengan kesalahan data itu. Sekarang sudah sesuai. Yang berbeda hanya di PPL. Mungkin PPL itu belum menerima salinan C1 yang sudah diperbaiki, sehingga data di PPL masih nol suara. Artinya, dugaan 10 suara untuk caleg Gerindra yang hilang itu tidak benar,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya