SOLOPOS.COM - Ilustrasi (pembrokeontario.com)

Dugaan malapraktik terjadi di RSKIA

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Kesehatan Kota Jogja baru melayangkan surat teguran pertama dan kedua kepada Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Rachmi  atas dugaan kelalaian dalam menangani persalinan yang mengakibatkan kematian bayi dalam kandungan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Dugaan Malapraktik di RSKIA Rachmi, Ini Curhatan Korban

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Jogja, Agus Sudrajat mengatakan kasus tersebut saat ini dalam pemeriksaan tim ahli.

“Apa hasilnya? “Saya tidak bisa menyampaikan karena itu informasi yang dirahasiakan,” kata Agus, Senin (12/6/2017).

Agus mengatakan sebelum ada pemeriksaan tim ahli, pihaknya sudah melayangkan surat teguran pertama pada akhir 205 lalu ke RSKIA Rachmi. Teguran itu terkait temuan surat izin praktek dokter RSKIA Rachmi yang sudah habis masa berlakunya. Saat itu pihak rumah sakit tengah memproses perpanjangan izin.

Teguran pertama itu diakui Agus jauh sebelum ada laporan dugaan kelalaian dalam menangani pasien. Teguran kedua kembali dilayangkan setelah Dinas Kesehatan menerima aduan dari korban.

“Teguran kedua ini ditambah ada laporan [aduan kelalaaian pelayanan] ini,” kata Agus.

Sementara Kuasa Hukum RSKIA Rachmi, Bimas Aryanta mengatakan belum membaca surat teguran kedua yang dilayangkan Dinas Kesehatan Kota Jogja. Sampai kemarin pihaknya masih terus melakukan komunikasi dengan dengan pihak pelapor, Putri Nur Madiyan Sari. Namun pihak pelapor tetap menginginkan ke jalur hukum.

“Kami menghormati itu bagian dari hak [pelapor].” Kata Bimas.

Sekar Ayu Pudjahastuti meninggal dunia dalam kandungan pada 5 Desember 2016. Bayi pertama pasangan Putri Nur Madiyan Sari dan Arfanky Purnama, warga Pakuncen Wirobrajan ini meninggal diduga akibat kehabisan air ketuban dan tidak segera ditangani dokter. Kasus tersebut sudah dilaporkan ke Polda DIY dan masih dalam proses penyidikan kepolisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya