SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Dugaan kasus terorisme di Indonesia dilakukan kelompok Santoso di Poso.

Solopos.com, JAKARTA – Salah satu teroris bernama MAQ alias S alias Brother akhirnya ditangkap Satgas Tinombala saat kabur dari kelompok Abu Wardah alias Santoso, di Poso, Sulawesi Tengah. Selain karena kelaparan, Brother juga menilai amaliyah kelompok Santoso sudah menyimpang dari ajaran Islam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Yang bersangkutan kabur dari kelompok Santoso karena menilai Santoso tidak cocok menjadi figur pemimpin dalam gerakan jihad di Poso karena setelah tersangka bergabung dengan kelompok Santoso, tersangka baru mengetahui bahwa Santoso sangat lemah dalam pemahaman agama bahkan cenderung menyimpang dari ajaran Islam,” jelas Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi kepada detikcom, Kamis (24/3/2016).

Sementara itu, Brother juga mengungkap bahwa amaliah Santoso dalam berjihad juga sudah menyimpang. Kelompok Santoso ‘menghalalkan’ amaliah seperti membunuh warga sipil yang sudah tua dengan cara memenggal.

“Sehingga hal ini pun menimbulkan perdebatan antara anggota kelompok. Karena ada beberapa anggota kelompoknya juga yang bertentangan, sehingga tidak tahan dan memilih kabur,” jelasnya.

Ideologi tersangka yang kemudian bertentangan dengan Santoso yakni masalah fatwa Santoso yang memurtadkan anggotanya yang kabur karena tidak bisa bertahan di hutan. Santoso juga menghalalakan kepada anggotanya untuk membunuh anggotanya yang dianggapnya ‘murtad’.

Tersangka juga menilai kelompok Santoso sudah tidak kompak dan tidak jelas arah serta tujuannya. Di antara para anggota kelompok juga sudah mulai timbul egoisme masing-masing.

“Intinya tersangka sudah tidak kuat dan tidak tahan lagi dengan penderitaan,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya