SOLOPOS.COM - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, saat jalan bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Instagram @dicoganinduto)

Solopos.com, SEMARANG — Duet Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dengan Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto, disebut-sebut layak atau diunggulkan dalam kontestasi Pilkada atau Pilgub Jateng 2024.

Kendati demikian, hal itu rupanya belum menjadi perhatian DPD PDIP Jateng. Partai berlambang kepala banteng itu masih ingin fokus dalam agenda terdekat mereka yakni memenangi pemilu legislatif (Pileg) maupun pemilihan presiden (pilpres).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saat ini, kami masih fokus dengan agenda terdekat, yakni Pileg dan Pilpres. Untuk Pilkada atau Pilgub masih belum kami singgung,” ujar Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jateng, Bambang Hariyanto Baharudin, kepada Solopos.com, Rabu (8/2/2023).

Selain itu, Bambang mengaku kewenangan menentukan calon yang akan diusung PDIP untuk maju dalam Pilgub Jateng 2024 sepenuhnya ada di tangan ketua umum partai. Ia pun tidak ingin mendahului keputusan partai terkait siapakah tokoh atau kandidat yang akan diusung PDIP dalam Pilkada Jateng nanti.

Sementara itu disinggung sosok Dico yang santer diberitakan cukup diunggulkan untuk dipasangkan dengan Gibran di Pilgub Jateng 2024, Bambang tidak bisa berbicara panjang lebar.

“Saya pribadi tidak begitu mengenal sosok Dico. Selain itu, penilaian siapa yang layak diusung untuk Pilgub adalah kewenangan partai. Meski demikian, fokus kita saat ini adalah agenda terdekat, yakni memenangi Pileg dan Pilpres,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, duet Gibran-Dico diunggulkan dalam bursa Pilgub Jateng 2024 yang digelar lembaga survei Aksara Research and Consulting.

Dalam survei yang digelar mulai 15-25 Januari 2023, dengan diikuti responden dari kalangan usia 17-29 tahun, nama Gibran-Dico menempati urutan teratas. Nama Gibran-Dico meraih dukungan sekitar 31,8 persen responden, sedangkan di urutan kedua ada nama mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau Hendi, dengan Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin.

Direktur Eksekutif Aksara Research and Consulting, Hendri Kurniawan, menjelaskan munculnya nama Gibran dan Dico dapat dilihat sebagai keterwakilan anak muda dalam pesta demokrasi yang kian dekat.

“Mereka dianggap tokoh yang tepat untuk memimpin Jawa Tengah ke depan,” ucapnya dalam konferensi pers yang digelar di Kawasan Kota Lama, Selasa (7/2/2023) sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya