SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

YANGON: Pihak berwenang Myanmar, Senin (18/5), melarang duta besar empat negara dari Uni Eropa (UE) memasuki sebuah penjara untuk menghadiri sidang pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi.

Dubes Inggris, Prancis, Jerman dan Italia ditolak memasuki penjara Insein di dekat Yangon, yang dijaga ketat pasukan keamanan dengan memasang barikade kawat berduri. Para saksi mata juga mengatakan seorang diplomat Australia juga tidak diizinkan masuk ke pengadilan itu Senin pagi. 

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Para dubes dari Uni Eropa datang ke penjara Insein, tetapi mereka tidak diizinkan masuk dan terpaksa pulang,” kata diplomat yang bertugas di Yangon seperti dikutip kantor berita AFP yang namanya tidak mau ditulis. “Dalam sebuah negara hukum, sidang pengadilan terbuka untuk umum,” imbuh diplomat tersebut.

Aung San Suu Kyi pekan lalu dituduh melanggar ketentuan menyangkut penahanan rumahnya setelah  seorang warga AS, John Yettaw berenang menyeberangi sebuah danau untuk mencapai rumah tempat Suu Kyi ditahan oleh junta militer Myanmar. Warga AS itu juga dijadwalkan disidang Senin ini. (Antara/AFP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya