SOLOPOS.COM - Shinichi Nishimiya (Reuters)

Shinichi Nishimiya (Reuters)

TOKYODuta besar (Dubes) Jepang untuk China, Shinichi Nishimiya, meninggal di sebuah rumah sakit diTokyo, Minggu (16/9/2012). Belum diketahui penyebab kematian Nishimiya, yang tiga hari sebelumnya ditemukan tak sadarkan diri di jalananTokyo saat menuju kantor.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Menurut pejabat kementerian luar negeri, Takashi Ariyoshi, dokter sedang menyelidiki penyebab kematiannya. Tidak ada rincian lebih lanjut mengenai masalah ini.

Nishimiya, 60, baru ditunjuk sebagai dubes baru Jepang untuk China, menggantikan Uichiro Niwa. Nishimiya dijadwalkan menuju Beijing pada pertengahan Oktober mendatang.

Kematian Nishimiya secara kebetulan terjadi pada saat ketegangan antara Jepang danChinaberkobar terkait sengketa kepulauan di Laut China Timur yang diklaim masing-masing negara.

Aksi protes anti-Jepang kembali meletus di kota-kota di seluruh Chinapada hari kedua, Minggu. Polisi harus menggunakan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan ribuan pengunjuk rasa di Kota Shenzhen, China selatan dekat Hong Kong. Protes ini merupakan kemunduran terbaru dalam hubungan bermasalah China-Jepang, menyusul keputusan Jepang pada Selasa (11/9/2012), untuk membeli pulau-pulau sengketa yang disebut Senkaku oleh Tokyo dan Diaoyu oleh Beijing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya