SOLOPOS.COM - Yoshinori Katori (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

 

Yoshinori Katori (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

SOLO–Duta besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori mengunjungi Solo Techno Park (STP) di Jl Ki Hajar Dewantara Jebres, Jumat (11/5/2012) pagi.

Kunjungan Katori untuk melihat langsung mobil Esemka rakitan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) yang disebut-sebut sebagai embrio mobil nasional (Mobnas) Indonesia.

Katori didampingi Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi).  Kendati tidak sempat menjajal mengendarai, tapi Katori mengaku pegangan setir dan mesin Esemka terasa cukup nyaman.  Menurut dia suatu kebanggaan saat ada kaum muda seperti pelajar SMK mau belajar keras bagaimana ilmu membuat mobil.

“Saya belum bisa bedakan Esemka dengan mobil Jepang, tapi saat saya coba tadi setir Esemka dan mesin cukup nyaman,” katanya.

Menurut dia seorang pemuda memang harus bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Esemka merupakan bukti dari kerja keras pelajar SMK di Kota Bengawan. Lebih lanjut Katori menilai kerja sama industri Jepang dengan Indonesia sudah berlangsung dengan baik. Diharapkan kerja sama tersebut bisa terus berlangsung termasuk dalam membantu terwujudnya Esemka sebagai mobil indusri.

“Saat ini saya belum tahu apa yang bisa kami bantu untuk Esemka. Tapi saya harap kerja sama terus berlanjut. Apalagi selama ini Jepang dan Indonesia saling bergantung,” imbuhnya.

Ditanya apakah industri mobil Jepang merasa terancam atau tersaingi Esemka, Katori menjawab diplomatis kerja sama dan persaingan merupakan dua hal yang sama-sama bisa mendukung terwujudnya cita-cita. Dalam budaya Jepang, persaingan justru bisa memotivasi untuk menjadi semakin baik dari waktu ke waktu.

Di akhir kunjungannya di STP, Katori bertanya kapan Esemka akan diekspor ke Jepang. “Ini (Esemka-red) ekspor ke Jepang kapan Pak,” tanyanya sembari tersenyum.

Tak mau ketinggalan, Jokowi menyatakan ekspor Esemka ke Jepang diharapkan bisa terwujud tahun depan. Mengenai kedatangan Dubes Jepang ke Solo menurut Jokowi mulai membuahkan lampu hijau investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya