SOLOPOS.COM - Dubes AS untuk Libya, Christian Stevens. (Reuters)

Dubes AS untuk Libya, Christian Stevens. (Reuters)

BENGHAZI – Duta besar (dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Libya, Christopher Stevens, dan tiga staf kedutaan lainnya dipastikan tewas saat mobil mereka diroket sekelompok pria bersenjata di Benghazi, Selasa (11/9/2012) waktu setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut pejabat Libya di Benghazi, serangan terjadi saat Stevens dan ketiga staf kedutaan hendak meninggalkan gedung kedutaan dan dalam perjalanan menuju tempat yang lebih aman. Pada saat yang sama, gedung kedutaan yang diserang dan dibakar sejumlah pria bersenjata.

“DubesASdan tiga stafnya tewas ketika pria bersenjata menembakkan roket ke arah mereka,” kata pejabat tersebut kepada Reuters di Benghazi.

Paradubes AS yang bertugas di negara-negara bergejolak biasanya disertai dengan keamanan ketat dan bepergian dalam konvoi dengan perlindungan yang baik.Para pejabat keamanan tengah mengkaji kemungkinan serangan itu dilakukan secara terkoordinasi.

Wakil Perdana Menteri Libya, Mustafa Abu Shagour, mengutuk pembunuhan para diplomat AS itu dan menyebutnya sebagai tindakan pengecut.

Terpisah, kelompok militan Hizbullah Lebanon mengecam film pelecehan Nabi Muhammad yang memicu protes dan kekerasan di Libya dan Mesir. Hizbulah menyebut film yang dibuat di AS itu sebagai serangan terhadap keyakinan agama dan mencerminkan kebijakan Barat.

Tanpa menyinggung pembunuhan diplomat AS di Libya, Hizbullah mengatakan, film tersebut merupakan tindakan “tidak bermoral yang merupakan tingkat agresi tertinggi terhadap hak asasi manusia, yakni untuk menghormati keyakinan dan kesucian”.

“Film ini bertujuan membangkitkan ketegangan dan kebencian antara Muslim dan Koptik di Mesir, mencerminkan posisi sebenarnya dari aliansi Amerika-Zionis aliansi terhadap Islam dan Muslim,” bunyi pernyataan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya