SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Hasan di-BAP di Daker Madinah

Madinah (Solopos.com)– Samwani Hasan, 69, jamaah haji asal Indonesia menjadi korban kejahatan di pelataran Masjid Nabawi, Jumat (7/10/2011).

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Hasan menceritakan, Jumat siang usai salat Jumat berjamaah, dua wanita bercadar bertubuh kecil dan besar – yang belakangan diketahui berasal dari Pakistan – langsung mencengkeram kedua tangan kiri kanannya.

“Mereka bilang, Indonesia baik. Indonesia baik. Saya kira mereka mau kenalan. Tapi tangan wanita yang kecil masuk ke tas saya. Saya teriak, saya mau pergi! Saya mau pergi!” cerita Hasan, di kantor Daker Madinah, Jumat (7/10/2011). Tak lupa dia memperagakan bagaimana dua wanita asing itu memepetnya dengan kuat.

Wanita kecil berhasil meraih HP Nokia dari tas selempang Hasan. Dia kabur, disusul wanita besar. Sebelum mereka kabur, Hasan sempat memegang si wanita kecil, tapi wanita itu berontak sehingga lepas. Setelah mereka lari, Hasan bingung harus berteriak apa di negeri orang. Dia teriak maling dan pencuri.

“Saya kejar mereka sambil teriak pencuri! Saya ngos-ngosan kejar mereka,” cerita warga Jl. Tambak, Jakarta Selatan itu.

“Mereka beraksi cepat sekali, tak sampai 5 menit. Sepertinya sudah tahu rahasianya,” ujar Hasan.

Dalam upaya pengejaran itu, wanita kecil sempat terjatuh. Dia juga membuang HP yang dirampasnya.

Hasan berlari mengejar dua wanita itu tanpa kenal lelah. “Itu terjadi spontan saja karena HP saya hilang,” ungkapnya.

Perjuangan Hasan membuahkan hasil. Si wanita besar berhasil dihadang oleh petugas pengamanan Indonesia dan polisi Saudi. Baik Hasan maupun pelaku kemudian dibawa ke Polsek Abu Bakar Shiddiq.

Hasan mengaku tak tahu tipe atau pun harga HP itu. “Saya hanya dikasih anak saya bawa itu selama haji,” ujarnya.

Memepet jamaah lalu merogoh tasnya adalah modus yang berkembang di sekitar Masjid Nabawi yang ramai. Orang tua yang terlepas dari rombongan adalah sasaran pelaku. Korban dan pelaku terdiri dari laki-laki maupun wanita. Karena itu disarankan tak banyak membawa uang/harta dan tak lepas dari rombongan. dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya