Dua Terpidana Mati Dipindah ke Nusakambangan, Salah Satunya WNA Nigeria

Dua napi terpidana mati kasus narkoba dipindahkan ke LP Nusakambangan yang memiliki penjagaan ekstra ketat dan supermaksimum.

 
Petugas bersiap memindahkan dua terpidana mati kasus narkotika ke LP supermaksimum di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jateng, Kamis (13/1/2022). (Solopos.com-Antara/Humas Ditjenpas Kemenkumham)

SOLOPOS.COM - Petugas bersiap memindahkan dua terpidana mati kasus narkotika ke LP supermaksimum di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jateng, Kamis (13/1/2022). (Solopos.com-Antara/Humas Ditjenpas Kemenkumham)

Solopos.com, CILACAP — Dua terpidana mati kasus narkoba dipindahkan dari LP Narkotika Jakarta ke LP Karanganyar, Pulau Nusakambaangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (13/1/2022). Satu dari dua terpindana mati yang dipindahkan ke LP Karanganyar Nusakambangan itu adalah warga negara asing (WNA) asal Nigeria, Okonkwo Nonso Kingleys.

Promosi"Hei, Kita Masih Pacaran Kan?" Begitu Drama Layar Indonesia

“Dua terpidana mati kasus narkoba itu terdiri dari Okonkwo Nonso Kingleys, warga Nigeria, dan Aris Wandi bin Muhammad Hasan,” ujar Koordinator Lapas se-Nusakambangan dan Cilacap, Jalu Yuswa Panjang, dikutip dari Antara, Jumat (14/1/2022).

Ia mengatakan dua terpidana mati tersebut tiba di Pulau Nusakambangan pada hari Kamis (13/1/2022) dengan pengawalan ketat personel LP dan Polri. Sesampainya di Nusakambangan, mereka langsung dibawa ke Lapas Karanganyar yang menerapkan sistem pengamanan supermaksimum.

Baca juga: Inilah Freddy Budiman, Gembong Narkoba yang Dieksekusi di Nusakambangan

“Lapas Karanganyar diperuntukkan bagi warga binaan pemasyarakatan [napi] berisiko tinggi sehingga pengamanan yang dilakukan supermaksimum, yakni one man one cell (satu orang dalam satu sel),” katanya.

Sementara itu, Kepala LP Narkotika Jakarta, Bayu Irsahara, mengatakan pemindahan narapidana bandar narkoba itu ke LP Nusakambangan merupakan bentuk komitmen serius Drjen Pemasyarakatan Kemenkumham beserta jajaran dalam memutus mata rantaii peredaran narkoba di dalam LP dan rutan.

“Ini merupakan langkah antisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban serta upaya kami memutus pencegahan peredaran narkotika di lapas,” ujarnya.

Menurut dia, pemindahan ke lapas supermaksimum di Nusakambangan dilakukan dengan pengawalan ketat oleh petugas lapas dan bekerja sama dengan kepolisian. “Pemindahan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Baca juga: Seperti Apa Sih Kegiatan di Penjara Nusakambangan? Yuk Intip!

Sekadar informasi, Okonkwo Nonso Kingleys dan Aris Wandi bin Muhammad Hasan merupakan dua dari tujuh terdakwa kasus narkoba yang divonis mati oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Meulaboh, Aceh. Keduanya terlibat dalam kasus penyelundupan 1,2 ton narkoba jenis sabu-sabu di Aceh Barat.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Buka Cabang di Semarang, Sahid Tour Tawarkan Paket Haji Khusus

Biro perjalanan dan wisata, Sahid Tour, memperluas jaringannya dengan membuka kantor cabang di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Korban Ledakan di Ponpes Klambu Grobogan, Seorang Pemuda

Diketahui pemuda yang mengalami luka bernama Azka berusia 18 tahun yang merupakan anak pemilik rumah yang terjadi ledakan.

Ganjar: Literasi Keberagaman Perlu Direplikasi ke Sekolah di Jateng

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berharap program literasi keberagaman yang diusung Solopos Institute diterapkan di seluruh sekolah di Jateng.

Duar! Ledakan Keras di Ponpes Klambu Grobogan, Satu Orang Jadi Korban

Sebuah ledakan keras terjadi di rumah dekat Ponpes Darul Masyruh, Desa Penganten, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan.

Ganjar Beri Pujian Program Literasi Keberagaman Solopos Institute

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memberikan apresiasi terhadap program Literasi Keberagaman Solopos Institute yang diterapkan di sekolah-sekolah di wilayahnya.

Omicron Merebak, Ganjar Imbau Warga Tidak Gelar Perayaan Imlek 2022

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta warga untuk tidak menggelar perayaan Imlek 2022 karena ancaman Covid-19 varian Omicron.

Tradisi Mandi Kembang Leson Tujuh Rupa di Wonosobo, Ini Artinya...

Salah satu tradisi yang masih dilestarikan masyarakat di Wonosobo, Jawa Tengah, yaitu mandi kembang leson menggunakan kembang tujuh rupa.

Gelar Apel, Polres Grobogan Ingin Wujudkan Zero Knalpot Brong

Polres Grobogan hingga Kamis (27/1/2022) telah menindak dan memusnahkan 215 knalpot brong dengan cara dipotong kemudian dilindas.

Bupati Tak Ingin Ada Omicron di Kabupaten Grobogan

Pemkab Grobogan tetap melakukan antisipasi, namun tidak ingin ada kasus Omicron di Grobogan.

Netizen Geger! Bupati Husein Prediksi Omicron Sudah Masuk Banyumas

Bupati Banyumas Achmad Husein membuat geger netizen setelah menyebut virus SARS CoV-2 varian Omicron telah masuk Banyumas.

Tak Cuma di Semarang, Harta Pengusaha Terkaya Asia Tersebar Luas

Aset kerajaan bisnis yang dibangun pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham, bukan hanya berada di Indonesia. Melainkan tersebar di berbagai negara.

Misteri Akhir Hayat Pengusaha Terkaya Asia Semarang: Warisan Disita

Akhir hayat Oei Tiong Ham si pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, menyimpan misteri. Baik tentang penyebab kematian hingga sengketa harta warisan.

Dibuka, Penerimaan Anggota Polri dari Jalur Sarjana, Simak Caranya Lur!

Kepolisian Republik Indonesia atau Polri membuka pendaftaran siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 2022.

Triawan Munaf Kepincut Baju Adat Ganjar Pranowo, Seperti Apa Sih?

Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia, Triawan Munaf, tertarik dengan baju adat yang dikenakan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Kerupuk Tayamum, Makanan Legend Khas Pantura Kriuk-Kriuk Shrpp

Kerupuk/krupuk tayamum alias kerupuk pasir atau kerupuk melarat merupakan salah satu makanan khas Pantura Jawa yang melegenda.

Istana Gergaji, Warisan Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Istana Gergaji merupakan salah satu warisan peninggalan kerajaan bisnis pengusaha terkaya Asia, Oei Tiong Ham, di Semarang, Jawa Tengah.