SOLOPOS.COM - Pemkab Sukoharjo kembali akan menggelar kirab budaya 2022. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, SUKOHARJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo bakal menggelar kirab budaya peringatan Hari Jadi ke-76 Sukoharjo pada Jumat (15/7/2022). Kirab budaya itu digelar setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19.

Gelaran kirab budaya tak seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, kirab budaya yang menjadi agenda rutin dalam peringatan Hari Jadi Sukoharjo dilaksanakan secara sederhana. Tidak ada atraksi menawan dari marching band atau penampilan kelompok seni dan budaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kirab budaya pada tahun ini hanya diisi oleh unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo yang naik andong menuju simpang lima atau Proliman Sukoharjo.

“Untuk tahun ini, ada kirab budaya peringatan Hari Jadi Sukoharjo. Namun, hanya sebatas unsur Forkopimda Sukoharjo. Jadi dilaksanakan terbatas dan sederhana setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19,” kata Sekretaris Panitia Hari Jadi Sukoharjo, Ari Haryanto, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga: Soroti Perusakan, Pemerhati Budaya Sukoharjo Minta Kerja Maksimal TACB

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Sukoharjo itu menyampaikan rombongan andong unsur Forkopimda Sukoharjo berkumpul di depan Pendapa Graha Satya Praja (GSP) di kompleks Gedung Setda Sukoharjo pada Jumat pagi.

Rombongan andong lantas berjalan melewati Jalan Jenderal Sudirman menuju depan rumah dinas (Rumdin) Bupati Sukoharjo atau Proliman Sukoharjo.

Dalam rombongan andong itu juga turut dibawa Petikan PP No  16/1946 tentang Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo. Petikan itu dikirab dan diserahkan kepada Bupati Sukoharjo, Etik Suryani sebagai simbol legalitas berdirinya Kabupaten Sukoharjo. “Ada tujuh andong-delapan andong yang dinaiki unsur Forkopimda Sukoharjo.

Rencananya, Petikan PP No 16/1946 diserahkan oleh Bupati Sukoharjo kepada Sekda Sukoharjo. Kami sudah melakukan gladi kotor penyerahan petikan,” kata dia.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Bawa Payung, Hujan Sedang Sore Hari

Petikan tersebut lantas dibawa ke Gedung DPRD Sukoharjo yang menggelar sidang paripurna istimewa. Sekda Sukoharjo, Widodo bakal menyerahkan petikan kepada Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi.

Sementara itu, Sekda Sukoharjo, Widodo, menyampaikan konsep kirab budaya pada tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Petikan PP diserahkan di Gedung DPRD Sukoharjo saat sidang paripurna istimewa.

Rombongan unsur Forkopimda Sukoharjo bakal menaiki delapan kereta kencana dari halaman Gedung Setda Sukoharjo menuju Gedung DPRD Sukoharjo. “Kirab digelar secara singkat karena waktunya sangat terbatas. Hari itu kan pas Jumat. Waktunya pendek,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya