SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Antara)

Harianjogja.com, SLEMAN – Dua orang spesialis pembiusan yang menyasar sopir rental ditangkap Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda DIY pekan lalu. Dua pelaku lainnya masih diburu petugas hingga ke luar Jawa.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY, AKBP Djuhandani menjelaskan dua tersangka yang ditangkap adalah PYT alias AR warga Karanganyar dan BS alias LK warga Kudus, Jawa Tengah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keduanya ditangkap di Kudus saat tengah merencanakan aksi pembiusan berikutnya. Sedangkan dua pelaku lainnya berhasil kabur dan kini masih diburu di wilayah Kalimantan berkoordinasi dengan Polda setempat.

Djuhandani mengetengahkan total komplotan ini berjumlah empat orang. Mereka kerap beraksi secara bersama-sama untuk menyasar mobil rental. Kelompok ini juga kerap melakukan kejahatan di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bahkan kedua tersangka yang berhasil ditangkap mengakui telah melakukan pembiusan pada 11 Tempat Kejadian Perkara (TKP) dari beberapa kota tersebut.

“Untuk dua tersangka yang kabur ke Kalimantan kami sudah berkoordinasi dengan Polda Kalimantan. Sedangkan untuk sebelas TKP lainnya kami tengah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya, Jateng dan Jatim,” ungkapnya di Mapolda DIY, Kamis (28/8/2014).

Dari hasil penyidikan komplotan ini beraksi di DIY sebanyak tiga kali yakni di Sleman dua kali dan Kota Jogja sekali. Terakhir kali, lanjutnya, komplotan ini termasuk kedua tersangka beraksi di wilayah ringroad utara, Sleman pada April 2014 lalu. Korban melapor sesuai dengan laporan nomor LP/267/IV/2014/DIY/Sleman.

Kabid Humas Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti menambahkan dari penangkapan kedua tersangka pihaknya mengamankan satu unit mobil hasil kejahatan. Jenis mobil itu adalah Xenia dengan nomor polisi F 1230 WQ dengan TKP Sleman. “Kerugian korban rata-rata di atas Rp100 juta, mereka menyasar mobil rental,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya