SOLOPOS.COM - Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga menyampaikan permohonan maaf kepada Pangdam Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema di markas Kodam Kasuari di Manokwari, Rabu (5/10/2022) petang. (ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA)

Solopos.com, MANOKWARI — Dua polisi di jajaran Polda Papua Barat membuat ulah dengan menjilat kue ulang tahun TNI yang langsung memicu kemarahan tentara.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga langsung meminta maaf secara terbuka kepada Pangdam XVIII/Kasuari atas tindakan dua anak buahnya tersebut.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

“Selaku pimpinan Polda Papua Barat saya menyampaikan permohonan maaf dan bertanggung jawab atas tindakan dua oknum anggota yang melakukan perbuatan tidak menyenangkan terhadap institusi TNI,” ujar Kapolda Papua Barat di Manokwari, Rabu (5/10/2022) malam.

Kapolda memastikan sanksi tegas menanti kedua polisi itu karena dengan sengaja mencederai soliditas antara TNI dan Polri yang sudah terbina dengan baik selama ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Presiden Tegaskan Kebutuhan TNI Masuk Kementerian Belum Mendesak!

“Kedua oknum anggota sudah ditahan dan sedang diproses oleh Propam Polda Papua Barat. Semoga soliditas dan sinergitas kita (TNI-Polri) tidak berkurang karena ulah dua oknum anggota tersebut,” kata Kapolda.

Kapolda Papua Barat berkomitmen melakukan koreksi dan perbaikan internal sehingga tidak ada lagi kejadian serupa di kemudian hari yang dapat merusak citra institusi Polri.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema menyatakan secara pribadi dan institusi TNI di jajaran Kodam Kasuari menerima permohonan maaf dari Kapolda Papua Barat atas ulah dua polisi nyeleneh itu.

Baca Juga: HUT TNI, Pangdam Diponegoro Minta Prajurit Jaga Kepercayaan Masyarakat

“Kami menerima permohonan maaf ini karena lebih mengutamakan sinergitas dan kekompakan yang sudah terawat selama ini dengan Polda Papua Barat,” kata Pangdam.

Ia mengatakan, tantangan tugas ke depan masih banyak sehingga ia berharap kepada seluruh anggota Kodam Kasuari agar lebih bijak melihat hal tersebut.

“Karena perbuatan dua oknum sudah menjadi perhatian Kapolda Papua Barat, kami serahkan sepenuhnya kepada internal institusi Polri untuk memproses kedua oknum tersebut,” kata Pangdam.

Baca Juga: Hari Jadi TNI, Sejarah Pemisahan Dwifungsi ABRI Jadi Tentara dan Polisi

Pangdam mengarahkan seluruh prajurit jajaran Kodam Kasuari bersama prajurit TNI AL dan TNI Udara di Papua Barat agar tetap kompak bersama Polda Papua Barat.

“Bersama kita tetap kompak, jaga soliditas untuk melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara terlebih kepada masyarakat Papua Barat,” ujar Pangdam Kasuari.

Dijilati

Diketahui dalam unggahan sebuah video yang beredar di publik dua oknum anggota Direktorat Lalulintas Polda Papua Barat terlihat menjilat kue ulang tahun yang hendak diantar dari Polda Papua Barat ke Kodam Kasuari pada puncak HUT TNI ke 77.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi menyatakan kue tersebut sudah diamankan sebagai barang bukti untuk memproses kedua polisi yang kini telah mendekam di sel Propam Polda Papua Barat.

“Dapat kami pastikan bahwa kue tersebut tidak diserahkan kepada rekan-rekan di Kodam Kasuari dan sudah diamankan sebagai barang bukti,” tambah Kombes Pol Adam Erwindi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya