Dua Polisi juga Kehilangan Nyawa dalam Kerusuhan Sepak Bola di Malang

Sedikitnya 127 orang dilaporkan meninggal dunia dalam tragedi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pascapertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

 Sebuah mobil polisi terbalik akibat kericuhan usai pertandingan BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, Minggu (2/10/2022). Sebanyak 127 orang dilaporkan meninggal dunia dalam kerusuhan tersebut. ANTARA FOTO/H Prabowo/Zk/pras.

SOLOPOS.COM - Sebuah mobil polisi terbalik akibat kericuhan usai pertandingan BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, Minggu (2/10/2022). Sebanyak 127 orang dilaporkan meninggal dunia dalam kerusuhan tersebut. ANTARA FOTO/H Prabowo/Zk/pras.

Solopos.com, MALANG — Tak hanya suporter, dua anggota polisi juga jadi korban dalam tragedi kerusuhan seusai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam.

Sedikitnya 127 orang dilaporkan meninggal dunia dalam tragedi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur itu.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dalam jumpa pers di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022) mengatakan dari 127 orang yang meninggal dunia tersebut, dua di antaranya merupakan anggota Polri.

“Dalam kejadian itu, telah meninggal 127 orang, dua di antaranya adalah anggota Polri,” kata Nico seperti dilansir Antara.

Nico menjelaskan sebanyak 34 orang dilaporkan meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, sementara sisanya meninggal saat mendapatkan pertolongan di sejumlah rumah sakit setempat.

Baca Juga: PSSI: Arema FC Bisa Dilarang Jadi Tuan Rumah Liga 1 Sepanjang Sisa Musim Ini

Selain korban meninggal terdapat kurang lebih 180 orang terluka yang harus menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit tersebut.

Selain korban meninggal dunia, tercatat ada 13 unit kendaraan yang mengalami kerusakan, 10 di antaranya merupakan kendaraan Polri.

“Masih ada 180 orang yang masih dalam perawatan. Dari 40.000 penonton, tidak semua anarkis. Hanya sebagian, sekitar 3.000 penonton turun ke lapangan,” tambahnya.

Terkait kronologi kerusuhan, menurut Nico, sesungguhnya pertandingan di Stadion Kanjuruhan tersebut berjalan dengan lancar.

Namun, setelah permainan berakhir, sejumlah pendukung Arema FC merasa kecewa dan beberapa di antara mereka turun ke lapangan untuk mencari pemain dan ofisial.

Baca Juga: Arema FC Terancam Terusir dari Malang hingga Akhir Liga 1 2022/2023

Petugas pengamanan kemudian melakukan upaya pencegahan dengan melakukan pengalihan agar para suporter tersebut tidak turun ke lapangan dan mengejar pemain. Dalam prosesnya, akhirnya petugas melakukan tembakan gas air mata.

Menurutnya, penembakan gas air mata tersebut dilakukan karena para pendukung tim berjuluk Singo Edan yang tidak puas dan turun ke lapangan itu telah melakukan tindakan anarkis dan membahayakan keselamatan para pemain dan ofisial.

“Karena gas air mata itu, mereka pergi keluar ke satu titik, di pintu keluar. Kemudian terjadi penumpukan dan dalam proses penumpukan itu terjadi sesak napas, kekurangan oksigen,” katanya.

Baca Juga: Kerusuhan Sepak Bola di Malang Akibatkan 127 Orang Meninggal, 180 Terluka

Sementara itu, Bupati Malang M. Sanusi menyatakan seluruh biaya pengobatan para suporter yang saat ini menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Malang.

“Kami mengerahkan seluruh ambulans untuk proses evakuasi dari Stadion Kanjuruhan. Untuk yang sehat dan dirawat, biaya semua yang menanggung Kabupaten Malang,” kata Sanusi.

Kericuhan terjadi seusai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 3-2 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu malam (1/10/2022). Kekalahan itu merupakan yang pertama bagi Arema FC sejak 23 tahun terakhir.

Baca JugaArema FC Terancam Terusir dari Malang hingga Akhir Liga 1 2022/2023

Atas kejadian tragis ini, Persebaya Surabaya mengucapkan duka yang mendalam.

“Keluarga besar Persebaya turut berdukacita sedalam-dalamnya atas jatuhnya korban jiwa setelah laga Arema FC vs Persebaya. Tidak ada satupun nyawa yang sepadan dengan sepak bola. Alfatihah untuk para korban. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” tulis akun Twitter Official Persebaya, @persebayaupdate, Minggu (2/10/2022) dini hari.

Akibat kejadian itu, Liga 1 2022/2023 dihentikan selama sepekan setelah kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, seusai Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam.

“Keputusan tersebut kami umumkan setelah kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI [Mochamad Iriawan]. Ini dilakukan untuk menghormati semua pihak, sambil menunggu proses investigasi dari PSSI,” kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (2/10/2022) dini hari, seperti dilansir dari Antaranews.

 

 

 

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Road to Final Piala Dunia 2022: Final Dini Prancis vs Inggris di 8 Besar

       Final dini Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Inggris akan tersaji di babak perempat final setelah keduanya memenangkan babak 16 besar.

      Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Inggris Bantai Senegal 3-0!

      Inggris menang besar 3-0 melawan Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium Al Khor.

      Daftar Top Skor Piala Dunia 2022, Mbappe Kembali ke Puncak

      Kylian Mbappe kembali memuncaki daftar pencetak gol terbanyak atau top skor Piala Dunia 2022.

      Hasil Piala Dunia 2022: Hajar Polandia 3-1, Prancis Mantap ke Perempat Final

      Prancis melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022 dengan mantap setelah  menyingkirkan Polandia 3-1 pada babak 16 besar di Al Thumama Stadium Doha.

      Prediksi Skor Inggris Vs Senegal di Piala Dunia 2022: Akan Ada Kejutan!

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia FIFA 2022 antara Inggris dan Senegal.

      Dominasi Permainan, Prancis Atasi Polandia 1-0 di Babak Pertama

      Prancis mengalahkan Polandia 1-0 pada babak pertama 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium Doha

      Susunan Pemain Prancis vs Polandia: Ngeri, Les Bleus Kerahkan 4 Penyerang

      Prancis menurunkan empat penyerang melawan Polandia pada pertandingan ketiga babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium Doha.

      Skenario 16 Besar Inggris vs Senegal: Three Lions Haus Gol

      Laga Inggris vs Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022 bakal menjadi ajang ketajaman para penyerang Inggris.

      Prediksi Skor Prancis Vs Polandia di Piala Dunia 2022: Juara Bertahan Menggila

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia FIFA 2022 antara Prancis dan Polandia.

      Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Inggris vs Senegal Main Pukul 02.00 WIB

      Laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Inggris vs Senegal pada dini hari nanti bisa diakses melalui live streaming.

      Data dan Fakta Menarik Jelang 16 Besar Inggris vs Senegal

      Data dan fakta Inggris vs Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium Al Khor.

      Skenario 16 Besar Prancis vs Polandia: Adu Tajam Mbappe vs Lewandowski

      Adu tajam Kylian Mbappe vs Robert Lewandowski menjadi skenario laga Prancis vs Polandia di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

      Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Prancis vs Polandia Main Pukul 22.00 WIB

      Laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Polandia pada malam hari nanti bisa diakses melalui klik link live streaming.

      Data dan Fakta Menarik Jelang 16 Besar Prancis vs Polandia

      Data dan fakta babak 16 besar Piala Dunia 2022 Prancis vs Polandia di Al Thumama Stadium Doha.

      Mainkan Laga ke-1000, Messi Cetak Gol Lagi hingga Lewati Rekor Ronaldo

      Lionel Messi mencetak rekor pertandingan ke-1000 sepanjang kariernya di sepak bola saat berlaga pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Australia