SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Dua pintu limpasan atau ‘spilway’ Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri dibuka sejak Sabtu (11/12) sore, dengan debit mulai dari 50 m3/detik hingga 150 m3/detik. Kendati demikian tinggi muka air Sungai Bengawan Solo masih aman, jauh di bawah siaga hijau.

Informasi yang diperoleh Espos, kedua pintu limpasan itu mulai dibuka dengan debit 150 m3/detik pada Senin (13/12) pukul 11.00 WIB. Sebelumnya, pintu hanya dibuka dengan debit 50 m3/detik lalu naik jadi 100 m3/detik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pintu ‘spilway’ dibuka karena tinggi muka air sudah melebihi ‘control water level’. Bahkan setelah dibuka selama dua hari, tinggi muka air WGM masih 135,50 meter. Kami harus menurunkan tinggi muka air  hingga ke titik aman yaitu 135,30 meter,” ungkap Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta (PJT) I Bengawan Solo, Winarno, saat dihubungi Espos, Senin (13/12).

Kendati dua pintu limpasan dibuka, Winarno mengatakan berdasarkan pantauan di pos pemantau Jurug Solo, Sungai Bengawan Solo masih aman. Tinggi muka airnya masih di bawah 4 meter, artinya masih kurang 2 meter dari siaga hijau yaitu 6 meter.

Namun demikian, Winarno tetap mengimbau warga di sekitar aliran Sungai Bengawan Solo untuk waspada. Terutama jika turun hujan deras di daerah aliran Kali Dengkeng di Klaten dan Kali Samin di Sukoharjo yang akan mengalir ke Sungai Bengawan Solo.

Di daerah hulu Wonogiri sendiri, seperti Jatisrono, Baturetno, Tirtomoyo dan Pracimantoro sendiri, curah hujannya menurut Winarno masih cukup tinggi, yaitu 50 mm. “Berdasarkan pantauan terakhir, pos pemantauan curah hujan di Tirtomoyo dan Baturetno masih 50 mm. Ini yang membuat tinggi muka air waduk belum juga turun ke titik aman meski dua pintu sudah dibuka selama lebih dari dua hari,” ujar Winarno.

Data yang diperoleh Espos, tinggi muka air mencapai angka 135 meter pada Kamis (9/12) pukul 21.00 WIB. Setelah itu, tinggi muka air WGM terus naik hingga menjadi 135,50 meter pada Sabtu (11/12) pukul 17.00 WIB. Saat itulah, PJT memutuskan dua pintu limpasan dibuka dengan debit 50 m3/detik, dan naik menjadi 100 m3/detik satu jam kemudian.

Kondisi tersebut dipertahankan sampai Senin (13/12) siang, namun tinggi muka air ternyata tidak  juga berkurang. Hingga pukul 11.00 WIB kemarin, tinggi muka air masih 135,52 meter, sehingga PJT memutuskan menambah debit limpasan menjadi 150 m3/detik. Selain melalui pintu limpasan, air juga dikeluarkan melalui turbin PLTA sebesar 30,1 m3/detik secara terus menerus.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya