SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto (JIBI/SOLOPOS/dok)

Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto (JIBI/SOLOPOS/dok)

WONOGIRI – Mutasi sejumlah pejabat akan dilakukan Bupati Wonogiri Danar Rahmanto dalam waktu dekat untuk mengganti dua orang pejabat eselon II yang pensiun pada Februari ini. Dua pejabat tersebut yakni Asisten Sekretaris Daerah (Sekda), Gembong Muria Hadi dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Ige Budiyanto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekda Wonogiri, Budiseno, menyatakan sudah ada beberapa kandidat untuk mengisi dua jabatan tersebut. “Ada beberapa nama untuk calon pengganti Pak Gembong dan Pak Ige. Sebelumnya, kami sudah meminta pesetujuan Gubernur sebagai salah satu syarat untuk pengisian jabatan eselon II. Keputusan selanjutnya kami serahkan Pak Bupati,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia juga menyatakan ada sedikit kesulitan terkait penyusunan pejabat eselon II pada 2013 ini. Sebab, selain dua pejabat tersebut, masih ada enam pejabat eselon II yang pensiun tahun ini termasuk dirinya. Tapi, ia yakin ada solusi untuk penyusunan pejabat tersebut walaupun proses regenerasi pejabat eselon II berjalan kurang sempurna.

Enam pejabat lain adalah Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Pranoto; dua orang Staf Ahli Bupati yakni Suparno dan Dwi Dono Soetjipto serta Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM, Sumardjono. Selain itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol dan Linmas) Gatot Gunawan dan Sekda Wonogiri, Budiseno.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Rumanti Permanandiyah mengatakan sudah ada persetujuan dari Gubernur terkait pengganti dua pejabat eselon yang pensiun tersebut. “Calon pengganti Pak Gembong dan Pak Ige sudah ada, tetapi belum bisa kami sebutkan. Nama-nama itu akan kami rapatkan di Baperjakat [Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan] dulu. Lalu kami ajukan ke Bupati,” katanya, Jumat.

Di sisi lain, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jeritan Rakyat (Jerat) Wonogiri, Hartono mengatakan Bupati harus selektif dalam menentukan jajarannya terutama pejabat eselon II. “Saya berharap Bupati tidak salah pilih, terutama jabatan sekda,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya