SOLOPOS.COM - Sekelompok pria sedang menodongkan senjatanya dari atas mobil dekat gedung parlemen di Tripoli. (JIBI/Solopos/Reuters/Stringer)

Solopos.com, TRIPOLI — Sekelompok pria bersenjata berat yang mengaku loyalis Jenderal Libya menyerang gedung parlemen Libya pada Minggu (19/5/2014). Terlihat asap membubung tinggi di atas gedung parlemen setelah penyerangan tersebut.
Para pejabat Libya percaya bahwa anggota milisi Al-Qaaqaa dan Sawaaq, milisi terbesar di Tripoli dukungan Hifter, ikut berperan dalam operasi itu. Bahkan Al-Qaaqaa sempat mem-posting pernyataan di laman Facebook resminya dengan mengatakan kelompok itu bersama Sawaaq menyerang parlemen karena politisi mendukung “terorisme”.
Loyalis pensiunan jenderal Khalifa Haftar mengatakan pasukannya dan sekutu milisi telah menyerang parlemen dalam kampanye untuk menyingkirkan garis keras Islam di Libya. Menteri Kehakiman, Saleh Al-Mergani, mengutuk serangan terhadap parlemen itu.
“Pemerintah menuntut segera menghentikan aksi militer dan penggunaan kekerasan untuk mengekspresikan pendapat politik,” katanya dalam konferensi pers dilansir Reuters.
Saksi mata mengatakan warga setempat melihat pria bersenjata memblokir jalan menuju gedung parlemen setelah serangan itu. Namun identitas mereka tidak jelas. “Para penyerang menculik sekitar 10 karyawan dari anggota parlemen (GNC),” kata seorang pejabat. Setidaknya dua orang tewas dan 55 lainnya luka-luka dalam kekerasan itu.
Hifter adalah komandan pemberontak yang pernah mengatakan AS mendukung upaya penggulingan Moammar Khadafi pada 1990-an.  Hifter mengatakan kelompoknya memiliki pengikut yang kebanyakan dari kelompok garis keras Libya dan sang jendral menyalahkan pihak pemerintah karena tidak berbuat banyak untuk mengatasi pemberontak.
Kelompok bersenjata tersebut juga menggunakan mortir dan roket. Mereka juga menggunakan sejumlah anggota parlemen untuk dijadikan tameng hidup untuk masuk ke dalam parlemen. Sejumlah anggota parlemen yang berhasil melarikan diri segera dievakuasi dari gedung di Tripoli. Sementara, konvoi kendaraan lapis baja langsung memasuki kota menuju gedung parlemen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya