Dua Mahasiswa UIN Surakarta Bertekad Kibarkan Merah Putih di Gunung Tertinggi di Turki

Targetnya, pada 17 Agustus 2021 mereka bisa mengibarkan bendera merah putih di puncak Ararat.

 Muhammad Bahrudin (kanan) dan Rohmad Safrudin bergaya seusai berlatih di gumuk pasir Yogjakarta, belum lama ini. (Istimewa/Specta UIN R.M. Said

SOLOPOS.COM - Muhammad Bahrudin (kanan) dan Rohmad Safrudin bergaya seusai berlatih di gumuk pasir Yogjakarta, belum lama ini. (Istimewa/Specta UIN R.M. Said

Solopos.com, SOLO–Dua mahasiswa Pecinta Alam Specta, Universitas Islam Negeri R.M. Said Surakarta merencanakan pendakian ke Gunung Ararat, gunung tertinggi di Turki.

Mereka berencana memulai ekspedisi pada 10 Agustus-02 September 2021 mendatang. Targetnya, pada 17 Agustus 2021 mereka bisa mengibarkan bendera merah putih di puncak Ararat.

Kedua mahasiswa tersebut adalah Muhammad Bahrudin (mahasiswa Fakultas Syari’ah), dan Aan Rohmad Safrudin (mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah). Dua pemuda tersebut berstatus atlet Specta Indonesian International Expedition (SIIE).

Baca Juga: Pengibaran Bendera Putih Meluas hingga UMKM di Padang

Gunung Ararat merupakan gunung tertinggi di Turki (5.165 mdpl) dan tertinggi nomor dua di Timur Tengah.

Untuk menghadapi suhu kurang lebih minus 20 derajat celsius, persiapan fisik Ekspedisi Gunung Ararat ini sudah berjalan selama lima bulan dengan intensitas sepekan lima kali di kawasan kampus yang terletak di Jl. Pandawa, Kartasura, Sukoharjo itu.

Variasi latihan adalah push up, joging, pull up, tarik ban, fitnes, Vo2 Max dan lain-lainya. Juga dilakukan latihan fisik ke Gunung Lawu  dan gumuk pasir Yogjakarta.

Kibarkan Merah Putih

“Harapan kami yaitu mencapai puncak tertinggi di Turki dan mengibarkan bendera Indonesia, UIN R.M. Said dan Specta, Menyemarakkan upacara hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76, mengenalkan budaya Indonesia di Turki, menelusuri sejarah bahtera Nabi Nuh,” tulis Lina Febi anggota Humas dan Publikasi Mapala Specta dalam rilisnya, Minggu (1/8/2021).

Dengan serangkaian pelatihan dan persiapan yang telah dilakukan oleh tim tersebut, mereka mengaku siap menaklukkan gunung tertinggi di Turki itu. “Kami memohon doa dan dukungannya agar Specta Indonesian Internasional Expedition berjalan lancar dan sukses,” tutupnya.

Berita Terkait

Espos Premium

Samudra Biru Penjara

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Berita Terkini

Warga Sragen Ditemukan Tinggal Kerangka di Selokan, Tengkoraknya Hanyut 200 Meter

Selokan tak jauh dari lapangan voli di tanah kas desa itu sebelumnya memang jarang dijamah warga.

Objek Wisata di Karanganyar Masih Tutup, Pemkab Turunkan Lagi Target PAD

Target PAD wisata Karanganyar tahun ini relatif jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp1,2 miliar per tahun.

Vaksinasi Buruh Wonogiri Capai 85%, Sejumlah Perusahaan Masih Antre Vaksin

Vaksinasi kepada buruh belum sepenuhnya selesai karena ada beberapa perusahaan yang belum menggelar vaksinasi.

5 Jabatan Kepala OPD Pemkot Solo Masih Kosong, Kapan Pengisiannya?

Pematangan SOTK baru sedang diproses oleh Bagian Organisasi bersama legislatif dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

2 Pemuda Karanganyar yang Ditangkap BNNP DIY Ternyata Edarkan Sabu-Sabu Pasokan Napi Lapas Sragen

Dua pemuda Karanganyar yang menjadi kurir sabu-sabu memperoleh barang haram tersebut dari bandar yang merupakan napi Lapas Sragen.

Ini Alasan Sekeluarga Tidur di Warung Wedangan Kartasura Tolak Tawaran Tinggal di Rusunawa

Bupati Sukoharjo melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada satu keluarga pasutri pedagang kaki lima (PKL) wedangan di depan SMP Negeri 3 Kartasura ini.

Belum Sempat Bertemu Pembeli, 2 Kurir Sabu-Sabu Asal Karanganyar Diringkus BNNP DIY

Dua pemuda asal Karanganyar dibekuk BNNP DIY saat hendak bertransaksi sabu-sabu di jalan raya Solo-Jogja di wilayah Sleman.

Keren, 3 Warga Sragen Ini Ambil Bagian dalam PON XX 2021 di Papua

Dua atlet dan satu asisten pelatih itu dilepas Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Ruang Transit, Setda Pemkab Sragen, Kamis (16/9/2020) sore.

Pemkab Sukoharjo Jamin Sekolah Gratis dan KIS Keluarga Kartasura Tidur Di Warung Wedangan

Selain tawarkan rusunawa, Pemkab Sukoharjo memberikan jaminan sekolah gratis bagi anak-anak keluarga yang tinggal di kolong meja wedangan Kartasura.

Bed Isolasi RS Covid-19 Solo Mulai Kosong, Sukarelawan Dibebastugaskan

Bed ruang isolasi untuk merawat pasien di RS rujukan Covid-19 Kota Solo sudah jauh menurun bahkan mulai kosong dalam beberapa hari terakhir.

BPBD Karanganyar: Waspadai Bencana Awal Musim Hujan

BPBD Karanganyar mulai melakukan sosialisasi antisipasi bencana ke masyarakat di kawasan rawan bencana alam.

115 Desa di Boyolali Gelar Vaksinasi Covid-19, Sasar 15.000 orang

Melalui pengoptimalan tim vaksinasi desa, diperkirakan vaksinasi Covid-19 di Boyolali akan selesai di tahun ini.

Pemkot Solo-Kemenperin Kerja Sama Kembangkan AK Tekstil, Gibran: Terpenting Lulusan Terserap Industri

Pemkot Solo bekerja sama dengan Kemenperin dalam pengembangan Akademi Komunitas atau AK Tekstil terutama penyerapan tenaga kerja.

Bioskop Sukoharjo Sudah Kembali Buka, Ini Syarat bagi Pengunjung

Bioskop di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, sudah mulai buka, Kamis (16/9/2021), menyusul turunnya level PPKM dan zona risiko Covid-19.

Gibran Masuk Bursa Pilkada DKI Jakarta, Pengamat Politik Refly Harun: Cek Ombak

Pengamat politik nasional Refly Harun menyebut wacana Gibran maju sebagai cagub pada Pilkada DKI Jakarta hanya untuk cek ombak.

Angka Kesembuhan di Klaten Lebih Tinggi dari Kasus Terkonfirmasi Covid-19, Tapi...

Angka kesembuhan Covid-19 di Klaten dinilai jauh berada di atas angka terkonfirmasi Covid-19 dalam sehari, Kamis (16/9/2021).