Dua Mahasiswa UIN Surakarta Bertekad Kibarkan Merah Putih di Gunung Tertinggi di Turki

Targetnya, pada 17 Agustus 2021 mereka bisa mengibarkan bendera merah putih di puncak Ararat.

 Muhammad Bahrudin (kanan) dan Rohmad Safrudin bergaya seusai berlatih di gumuk pasir Yogjakarta, belum lama ini. (Istimewa/Specta UIN R.M. Said

SOLOPOS.COM - Muhammad Bahrudin (kanan) dan Rohmad Safrudin bergaya seusai berlatih di gumuk pasir Yogjakarta, belum lama ini. (Istimewa/Specta UIN R.M. Said

Solopos.com, SOLO–Dua mahasiswa Pecinta Alam Specta, Universitas Islam Negeri R.M. Said Surakarta merencanakan pendakian ke Gunung Ararat, gunung tertinggi di Turki.

Mereka berencana memulai ekspedisi pada 10 Agustus-02 September 2021 mendatang. Targetnya, pada 17 Agustus 2021 mereka bisa mengibarkan bendera merah putih di puncak Ararat.

Kedua mahasiswa tersebut adalah Muhammad Bahrudin (mahasiswa Fakultas Syari’ah), dan Aan Rohmad Safrudin (mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah). Dua pemuda tersebut berstatus atlet Specta Indonesian International Expedition (SIIE).

Baca Juga: Pengibaran Bendera Putih Meluas hingga UMKM di Padang

Gunung Ararat merupakan gunung tertinggi di Turki (5.165 mdpl) dan tertinggi nomor dua di Timur Tengah.

Untuk menghadapi suhu kurang lebih minus 20 derajat celsius, persiapan fisik Ekspedisi Gunung Ararat ini sudah berjalan selama lima bulan dengan intensitas sepekan lima kali di kawasan kampus yang terletak di Jl. Pandawa, Kartasura, Sukoharjo itu.

Variasi latihan adalah push up, joging, pull up, tarik ban, fitnes, Vo2 Max dan lain-lainya. Juga dilakukan latihan fisik ke Gunung Lawu  dan gumuk pasir Yogjakarta.

Kibarkan Merah Putih

“Harapan kami yaitu mencapai puncak tertinggi di Turki dan mengibarkan bendera Indonesia, UIN R.M. Said dan Specta, Menyemarakkan upacara hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76, mengenalkan budaya Indonesia di Turki, menelusuri sejarah bahtera Nabi Nuh,” tulis Lina Febi anggota Humas dan Publikasi Mapala Specta dalam rilisnya, Minggu (1/8/2021).

Dengan serangkaian pelatihan dan persiapan yang telah dilakukan oleh tim tersebut, mereka mengaku siap menaklukkan gunung tertinggi di Turki itu. “Kami memohon doa dan dukungannya agar Specta Indonesian Internasional Expedition berjalan lancar dan sukses,” tutupnya.

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Si Jago Merah Lalap Rumah Warga di Trucuk Klaten

Luas area yang terbakar mencapai 10 meter X 12 meter, sedangkan proses penanganan kebakaran berlangsung mulai pukul 06.14 WIB hingga pukul 08.15 WIB.

Tersisa 81.257 Pelajar Klaten Belum Divaksin, Pekan Depan Jadi Prioritas Vaksinasi

Satgas PP Covid-19 Klaten tinggal berkonsentrasi merampungkan vaksinasi 81.257 pelajar karena sebanyak 31.020 pelajar sudah divaksin pada waktu sebelumnya.

Kompak, Bawaslu Boyolali Gandeng Pramuka Awasi Pemilu

Kwarcab Boyolali menyambut baik didirikannya Saka Adhyasta Pemilu oleh Bawaslu Kabupaten Boyolali.

Dampak Teknologi, 80 Persen Generasi Muda Gagap Berkomunikasi Langsung

Kecanggihan teknologi dapat menunjang berbagai aktivitas masyarakat, namun di sisi lain juga memberikan dampak negatif khususnya bagi generasi muda.

Disebut Candi Asu, Ini Wujud Yoni di Tengah Sawah Klaten Terdampak Tol Solo-Jogja

Objek diduga cagar budaya berupa yoni itu berada tak jauh dari patok kuning yang menjadi titik tengah rencana ruas tol Solo-Jogja.

Karanganyar Naikkan Target Vaksinasi Jadi 10.000 Orang/Hari, Yuk Bisa Yuk!

Keputusan menaikkan sasaran vaksinasi Covid-19 itu diambil berkaitan dengan sejumlah kebijakan pemerintah pusat.

Anak 12 Tahun ke Atas di Sukoharjo Mulai Disasar Vaksinasi Covid-19

Anak usia 12 tahun ke atas di Sukoharjo mulai menjadi sasaran program vaksinasi Covid-19 seiring bergulirnya PTM di sekolah.

Jadwal Pemadaman Listrik Karanganyar dan Klaten Hari Ini, Rabu (22/9/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Karanganyar dan Klaten hari ini, Rabu (22/9/2021) yang berlangsung selama empat dan tujuh jam.

Proyek GOR Indoor Manahan Solo Mandek, Legislator Pertanyakan Kinerja Konsultan Pengawas

Kalangan legislator DPRD Solo menyayangkan pekerjaan proyek pembangunan GOR Indoor Manahan tak selesai dan mempertanyakan kinerja konsultan pengawas.

Kompak, 800 Orang Bergerak Bantu TMMD di Majasto Sukoharjo

Sedikitnya 800 warga berpartisipasi dalam program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD di Desa Majasto, Tawangsari, Sukoharjo.

Populasi Penderita Gagal Ginjal di Soloraya Terus Meningkat, Waspadai Pemicunya!

Jumlah penderita gagal ginjal di Soloraya terus meningkat dari tahun ke tahun yang dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat.

GTT Senior Wonogiri Pesimistis Lolos Ujian PPPK, Ini Alasannya

Sejumlah GTT senior di Wonogiri tak yakin bakal lolos ujian kompetensi menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK.

Vaksinasi Covid-19 Baru 45%, Danrem Tetap Yakin Herd Immunity Wonogiri Bisa Terbentuk Oktober

Danrem Warastratama optimistis capaian vaksinasi Covid-19 Wonogiri bisa digenjot hingga 70% pada Oktober 2021 sehingga herd immunity terbentuk.

Waduh! Sistem Trouble, Sertifikat Vaksin Covid-19 Pelajar Karanganyar Tak Bisa Langsung Tercetak

Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Kabupaten Karanganyar sempat terkendala masalah sistem di mana sertifikat tidak bisa langsung tercetak.

Pengelola Mal Soloraya Berharap Anak 12 Tahun ke Bawah Boleh Masuk

Pengelola mal di Soloraya berharap ada kelonggaran terutama untuk anak di bawah 12 tahun boleh masuk mal seiring turunnya kasus Covid-19.