Kategori: Leisure

Dua Hal Ini Bisa Sebarkan Virus Corona Hingga 2 Meter


Solopos.com/Astrid Prihatini WD

Solopos.com, JAKARTA--Tanpa disadari kita bisa sebarkan virus Corona bahkan hingga sejauh 2 meter. Otomatis, orang-orang yang berada di radius 2 meter itu bisa berisiko tinggi tertular.

Apakah dua hal yang bisa sebarkan virus Corona hingga 2 meter? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Setelah tahu, sebaiknya hindari melakukan dua hal ini ya.

Dua hal yang yang bisa sebarkan virus Corona hingga sejauh 2 meter itu adalah batuk dan bersin. Peneliti menemukan bahwa partikel kecil dari batuk dan bersin dapat menyebar lebih jauh hingga 2 meter dan berpotensi untuk mempercepat perpindahan virus Corona untuk menginfeksi orang lain. Studi baru ini juga mengungkapkan bahwa masing-masing orang harus menjaga jarak setidaknya 1,5 meter antara Anda dan orang lain, atau mungkin bisa lebih jauh.

Dilansir dari Webmd.com, Rabu (31/3/2021), dalam studi terbaru, para peneliti di Singapura memperkirakan bagaimana partikel dengan berbagai ukuran dapat berpindah dari orang yang batuk ke seseorang yang berdiri masing-masing 1 meter atau 2 meter.

Baca Juga: Mengenal Organic Parenting Ala Finlandia, Apakah Itu?

Studi tersebut menemukan bahwa pada jarak sekitar 1 meter, seseorang yang berdiri di depan simulasi batuk benar-benar terkena langsung virus, dan partikel batuk tersebut masuk sekitar 65 persen ke orang tersebut.

“Jelas, Anda tidak sakit karena virus mendarat di pakaian Anda. Anda harus menghirupnya atau menggosok tangan Anda ke seluruh celana dan kemudian menyentuh hidung, mata, atau memasukkan jari Anda ke dalam mulut,” kata Linsey Marr, seperti dikutip dari Bisnis.com, Rabu (31/3/2021).

Menurutnya, bersin dan batuk bisa berbahaya karena bisa sebarkan virus Corona, tetapi dua orang yang sangat berdekatan, hampir bertatap muka tanpa masker maka bisa menularkan virus Corona saat berbincang.

Virus dapat menyebar melalui udara dalam dua cara yakni dalam partikel besar yang lebih berat yang dikeluarkan dari hidung atau mulut, dan melalui aerosol, partikel yang sangat kecil sehingga cepat mengering di udara.

Baca Juga: Ini Manfaat Sarapan Sebelum Jam 08.30 Pagi

Partikel yang lebih besar mengandung lebih banyak salinan virus, tetapi juga berat dan jatuh ke lantai dan permukaan di dekatnya dengan cepat setelah bersin atau batuk. Sementara itu, aerosol yang lebih kecil, dapat dihasilkan dari bagian belakang tenggorokan saat kita berbicara, atau bahkan bernyanyi, mengering sebelum mencapai lantai, dan memungkinkan aerosol terus melayang di udara selama beberapa menit atau bahkan berjam-jam, dan dapat tetap hadir setelah seseorang meninggalkan ruangan.

Para peneliti mengatakan bahwa orang yang lebih pendek, seperti anak kecil dan remaja, mungkin lebih berisiko terinfeksi virus Corona ketika orang dewasa yang lebih tinggi batuk. Itulah mengapa penting untuk mengambil semua tindakan pencegahan yang disarankan untuk menjaga diri Anda aman dari virus, termasuk mencuci dan membersihkan tangan Anda, memakai masker wajah, membatasi perjalanan dan interaksi sosial, dan menjaga jarak antara Anda dan orang lain.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Astrid Prihatini WD