SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Untuk kali pertama dalam sejarah, dua finalis gelaran Piala Dunia sebelumnya sudah tersingkir di fase grup, seiring dengan pulangnya Prancis dan Italia di Piala Dunia 2010. Luka semacam ini sendiri sudah lama tak dirasakan Italia.

Italia harus berkemas pulang setelah kalah 2-3 dari Slovakia, Kamis (25/6). Ini membuat si juara dunia empat kali tak bisa melangkah ke babak 16 besar dan tiket Grup F dikantongi oleh Paraguay dan Slovakia.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Kegagalan Italia itu terjadi menyusul tersingkirnya Prancis setelah kalah 1-2 dari Afrika Selatan dalam laga terakhir grup, Selasa (22/6). Artinya, Prancis dan Italia yang empat tahun lalu bertemu di final Piala Dunia 2006 gagal melewati fase grup. Ini kali pertama terjadi dalam sejarah Piala Dunia.

Untuk Prancis, ketidakmampuan lolos dari fase grup yang mereka alami saat ini bak ulangan kegagalan juara Piala Dunia 1998 itu saat berkiprah di gelaran tahun 2002. Sementara buat Italia, kali terakhir mereka kandas sedari fase grup adalah pada tahun 1974 atau 36 tahun silam.

Performa skuad Italia 2010 yang dikapteni Fabio Cannavaro ini juga kian buruk jika melihat posisi mereka yang jadi juru kunci Grup F, bahkan di bawah Selandia Baru. Sejarah mencatat ini merupakan kali pertama Gli Azzurri finis di posisi terakhir dalam grup mereka.

Prancis sendiri tak perlu melongok terlalu jauh untuk mengingat kapan kali terakhir mereka kandas di fase grup putaran final sebagai juru kunci. Tahun 2002 silam pun mereka ada di posisi tersebut, di bawah Denmark, Senegal dan Uruguay.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya