SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo  (Solopos.com)–Setelah sempat beberapa kali dibatalkan, rencana Pemerintah Kota (pemkot) Solo menginventarisasi bangunan cagar budaya (BCB) yang ada di Kota Bengawan akhirnya bisa terlaksana tahun ini.

Hal itu menyusul dialokasikannya anggaran untuk pendataan tersebut melalui APBD 2011. Demikian penjelasan Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Yob S Nugroho saat ditemui wartawan di Balaikota Solo, Rabu (2/3/2011). Yob menyebutkan dengan dana senilai Rp 100 juta, tahap awal inventarisasi bakal dilaksanakan selama limabulan. “Pelaksananya pihak ketiga. Dan untuk konsepnya sendiri sudah kami bahas mulai dua pekan lalu,” katanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun sesuai tugas pokok dan fungsi DTRK, Yob mengatakan pihaknya membatasi inventarisasi pada BCB yang termasuk bendawi. Hasil inventarisasi nantinya akan berupa database yang menerangkan kondisi terkini BCB di Solo. Lebih lanjut, hasil inventarisasi akan digunakan untuk menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai pelestarian cagar budaya. Bila pengklasifikasian selesai, terkait dengan dana perawatan BCB sekaligus juga akan diatur dalam Perda.

(sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya