SOLOPOS.COM - Warga Desa Sumberwungu, Tepus sedang mengantre air yang disalurkan oleh Kepolisian DIY dengan menggunakan water canon, Jumat (18/9/2015). (JIBI/Harian Jogja/Uli Febriarni)

Selama musim kemarau, BPBD Gunungkidul memberikan bantuan air bersih ke 12 kecamatan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Selama musim kemarau, BPBD Gunungkidul memberikan bantuan air bersih ke 12 kecamatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rinciannya, yakni Rongkop, Paliyan, Panggang, Girisubo, Purwosari, Tepus. Sedang enam kecamatan lain meliputi Tanjungsari, Nglipar, Patuk, Ponjong, Ngawen, dan Gedangsari.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sutaryono mengatakan total bantuan air bersih yang diberikan mencapai 2.500an tangki dan menghabiskan anggaran sekitar Rp450 juta.

“Total anggaran dropping mencapai Rp600 juta, jadi masih ada sisa anggaran sebesar Rp150 juta. Saldo ini akan kami kembalikan ke pemkab, termasuk didalamnya anggaran untuk operasional dan pemeliharaan tangki pengangkut air,” ungkap dia, Kamis (19/10/2017).

Lebih jauh dikatakan Sutaryono, meski dropping telah dihentikan, namun BPBD masih membuka kesempatan bagi daerah yang merasa kekurangan untuk mengajukan permohonan bantuan. Hanya saja, lanjut dia, permohonan harus dilakukan secara resmi oleh pemerintah desa setempat.

Terpisah, Camat Tanjungsari Rakhmadian Wijayanto mengakui ada sebagiaan wilayahnya yang mengalami krisis air saat musim kemarau sehingga rutin mendapatkan bantuan.

Namun memasuki musim hujan, upaya permintaan telah berkurang karena kebutuhan air dapat tercukupi melalui hujan. “Hampir setiap hari ada hujan dan berdampak terhadap terisinya bak-bak penampungan air milik warga,” katanya.

Menurut dia, dengan terisinya bak-bak penampungan dari air hujan maka bisa menjadi cadangan untuk memenuhi kebutuhan air bersih. “Jadi warga tidak lagi membutuhkan bantuan air karena sudah ada hujan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya