SOLOPOS.COM - Proses evakuasi kecelakaan maut yang melibatkan truk dan mobil di Jalan Prof Hamka Ngalian, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (7/6/2023) siang. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Proses penyelamatan dan evakuasi korban kecelakaan truk dengan mobil Toyota Agya di Jalan Prof Hamka Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (7/6/2023), berlangsung dramatis. Tim SAR gabungan membutuhkan waktu setidaknya tiga jam untuk mengevakuasi salah seorang korban yang terjebak dalam kendaraan dengan kondisi selamat.

Kecelakaan antara truk pasir berpelat nomor H 1891 DG dengan mobil Toyota Agya berpelat nomor H 1240 FW itu menyebabkan jatuhnya dua korban jiwa. Kedua korban berasal dari mobil Agya, yakni Andriele berusia 10 tahun dan Yuliana, selaku pengemudi mobil.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Sedangkan korban selamat adalah Sola Gracia Ribka, 10, dan Matthew Danis Yudha Utama, yang juga penumpang mobil Agya. Sola dinyatakan selamat meski sempat terjebak di dalam mobil yang mengalami kecelakaan. Ia berhasil dievakuasi tim SAR gabungan melalui proses yang cukup panjang, yakni tiga jam.

Pantauan Solopos.com di lokasi kejadian, dua ekskavator sempat dikerahkan untuk mengangkat sekaligus membalikan body truk yang menimpa mobil Agya. Tak hanya itu, dua mobil derek juga dikerahkan untuk membantu proses evakuasi mobil.

Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, mengatakan evakuasi menggunakan ekskavator berlangsung sekitar 45 menit. Namun, total seluruh proses evakuasi korban berlangsung hingga tiga jam.

“Posisi korban di dalam tadi masih telungkup, dia tidak terjepit, karena masih ada body depan dan mesin mobil yang menahan jatuhnya truk,” ujar Heru di lokasi kejadian.

Proses evakuasi yang memakan waktu hingga tiga jam itu, terang Heru, dipengaruhi oleh medan yang sempit. Selain itu, kondisi jalan pada tempat kejadian perkara (TKP) itu adalah jalan turunan.

“Keterbatasan di ruang yang sempit. Tapi setelah berhasil mengangkat sedikit [truk yang menimpa mobil Agya] kami akhirnya berhasil menarik korban,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan maut di Jalan Prof Hamka, Ngaliyan, Kota Semarang, itu terjadi pada Rabu siang sekitar pukul 11.30 WIB. Kecelakaan itu diduga disebabkan truk yang mengalami rem blong hingga menimpa mobil Agya yang tengah melintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya